|

Satgas TMMD ke-106 Kodim 0204/DS Gelar Penyuluhan Pelayanan Publik dan Kependudukan


INILAHMEDAN - Sipispis : Satgas TMMD ke-106 Kodim 0204/DS bekerjasama dengan Pemkab Serdang Bedagai melaksanakan penyuluhan Pelayanan Publik dan Kependudukan di Balai Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (25/10/2019) malam.

Penyuluhan ini menyajikan materi tentang pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduuk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).Mewakili Pemkab Serdang Bedagai Andi Suprianto SPd yang menjadi narasumber menjelaskan, tentang pentingnya identitas kependudukan.

Untuk itu, setiap pertambahan penduduk dan pengurangan penduduk seperti kelahiran dan kematian hendaknya tetap dilaporkan dan didata.

Menurut Andi Suprianto,berdasarkan Perpres No. 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan dan Pencatatan Sipil, proses pembuatan dokumen kependudukan seperti KK, KTP dan KIA tidak lagi memerlukan surat pengantar dari RT, RW, Kelurahan hingga Kecamatan, tapi langsung ke Disdukcapil.

"Jadi untuk pembuatan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga, KTP maupun KIA saat ini langsung di Disdukcapil Kabupaten/Kota. Untuk itu, kepada bapak/ibu yang belum melengkapi atau memiliki kartu indentitas kependudukan seperti KK, KTP maupun KIA dapat mengurusnya langsung ke Disdukcapil," ujar Andi Suprianto.

Sementara itu mewakili Satgas TMMD Serma Muhasmuni yang juga personel Koramil 15/SPP mengatakan, penyuluhan ini merupakan bagian dari program TMMD ke-106 Kodim 0204/DS. Selain melaksanakan tugas sasaran fisik, personel Satgas juga melaksanakan sasaran non fisik berupa penyuluhan.

"Malam ini bekerjasama dengan Pemkab Serdang Bedagai, kami melaksanakan penyuluhan tentang pelayanan publik dan kependudukan. Semoga penyuluhan ini bermanfaat bagi warga," ujarnya.

Hadir pada acara penyuluhan itu, Plh Kepala Desa Marjanji Fajar Siddik Saragih, tokoh agama Ali Usman, tokoh masyarakat, Subari, para perangkat desa Marjanji, kepala dusun 2,3 dan 4 serta sekitar 35 warga Desa Marjanji. (bsk/imc)
Komentar

Berita Terkini