|

Apakah Ikan Ini Yang Diceritakan Alquran Bisa Hidup Tanpa Air? Subhanallahu...


Ini sebuah fakta yang sangat mengejutkan! Bahkan ini di luar akal manusia. Seperti diketahui, ikan adalah hewan yang hidup di air. Tanpa air, ikan akan mati. Namun, ada ikan yang bisa hidup di darat. Bahkan dalam kurun waktu yang lama mencapai hitungan tahun. Apakah ini ikan sebagaimana yang diceritakan dalam Alquran surah Al-Kahfi?

Memang ini sudah di luar logika. Sebab, habitat ikan adalah di air. Ikan Lungfish (Protopterus Sp), adalah ikan yang diakui bisa hidup berhibernasi di darat tanpa air. Apakah ini sosok ikan itu yang diceritakan dalam Alquran?

Ibnu Abas menceritakan bahwa dia mendengar sabda Nabi Muhammad ketika Allah menanyai Nabi Musa siapakah yang paling berilmu. Musa menjawab dirinya yang paling berilmu. Mendengar jawaban Musa, Allah memintanya pergi untuk menemui hamba-Nya yang saleh yang lebih berilmu daripadanya dengan membawa seekor ikan dalam wadah. Allah bersabda kepadanya, bila nanti ikan itu menghilang, maka di situlah Musa akan bertemu hamba-Nya yang saleh.

Lalu Musa berangkat bersama muridnya sekaligus pembantunya, Yusya. Ketika lelah, keduanya memutuskan beristirahat sejenak. Waktu itu, ikan yang dibawanya meronta lalu jatuh ke dalam air. Namun ikan itu kembali ke laut dengan cara yang aneh. Yusya yang menyaksikannya, terpukau pada kebesaran Allah. Bahkan dia sampai tertidur dan lupa menceritakannya kepada Nabi Musa.

Setelah meneruskan perjalanan, Yusya menyampaikan tentang apa yang dilihatnya tadi. Akhirnya Musa segera menyadari sesuatu kalau dia sebenarnya sudah berada di tempat hamba Allah yang saleh itu. Keduanya pun memutuskan untuk kembali ke tempat peristirahatan mereka sebelumnya.

Ketika keduanya berada di tempat semula, mereka melihat seorang pria berjubah putih yang diketahui bernama Khidir. Musa mengucapkan salam. Kemudian Khidir menanyakan asal-usul Musa. Musa mengatakan kalau dia memang bermaksud menemui Khidir dan mengajarkan padanya ilmu dan kebijaksanaan yang lebih kepadanya.

Khidir memberitahu Musa kalau ilmu yang ia miliki adalah karunia dari Allah yang diajarkan kepadanya, namun tidak kepada Musa. Sebaliknya, apa yang telah Allah ajarkan kepada Musa, Khidir pun tak mengetahuinya. Kemudian Musa menyampaikan bahwa ia tak sabar untuk segera mengikutinya. Khidir pun mengingatkannya, bahwa Musa tak boleh menanyakan apa pun juga sampai hal itu dijelaskan padanya.

Pertemuan Musa dengan Khidir membuatnya lupa akan ikan yang hilang tadi. Ikan dalam surat Al-Kahfi ini yang diakui sebagai bukti kebesaran Allah yaitu ikan yang bisa hidup tanpa air. Jenis ikan ini mampu mengerong masuk ke dalam tanah. Cara yang aneh bagi seekor ikan. Apa yang terjadi pada ikan ini adalah bukti bahwa Allah Maha Besar dengan segala kuasa-Nya. Yang tidak mungkin menjadi mungkin. Sebab Allah berkehendak sesuka hatinya.

Inilah ikan yang menjadi saksi perjalanan Musa bertemu dengan Khidir. Jelas sudah, dalam ayat Al-Quran ini Allah memberi petunjuk pada mereka yang selalu memikirkan tentang kekuasan-Nya. ha
Komentar

Berita Terkini