|

Peda KTNA, 137 Home Stay Untuk 762 Peserta se-Sumut


INILAHMEDAN - Serdangbedagai: Bupati Serdangbedagai (Sergai) Soekirman meninjau persiapan akhir pelaksanaan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) IV Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2019 akan berlangsung pada 16-19 Juli di Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbdagai (Sergai).

Turut mendampingi Bupati pada peninjauan itu di antaranya Kadis PUPR Johan Sinaga, Camat Perbaungan, mewakili Danramil Perbaungan, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, Direktur BITRA Indonesia Wahyudi, Direktur OS Institute Abdul Firman, dan Kepala Desa Melati II Supardi.

Di sela kunjungannya, Bupati Soekirman menyempatkan meninjau rumah-rumah penduduk yang akan dijadikan home stay para peserta.
"Peserta yang datang dari 24 kabupaten kota se-Sumut akan menginap di homestay yang disediakan panitia. Sebanyak 137 rumah warga dijadikan home stay untuk 762 peserta,” sebut Soekirman.

Salah satu rumah yang dikunjungi adalah milik Rusdi di Dusun Jeruk. Kepada Rusdi, Bupati Soekirman berpesan agar bisa melayani tamu dengan sebaik mungkin, menjaga kebersihan rumah dan makanan, serta menjaga keramahan dan sopan santun.

"Apa yang kita tunjukkan nanti merupakan upaya menjaga nama baik pemerintah dan masyarakat Sergai,” ujar Bupati Soekirman.

Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan mengatakan Peda KTNA diharapkan bukan hanya menjadi rutinitas tahunan semata, namun dapat menjadi sarana tukar informasi para petani dan nelayan dalam mengembangkan agribisnis.

”Kegiatan ini juga memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk menyampaikan informasi kebijakan pertanian yang diperlukan oleh petani dan nelayan,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Dirga Surya Sumut ini.

Sebagaimana diketahui, para peserta nantinya dikenai kontribusi homestay senilai Rp100.000/hari. Harga itu sudah termasuk biaya makan dan minum selama tinggal. Selain itu akan banyak lagi kegiatan ekonomi yang melibatkan masyarakat di sekitar lokasi acara. (imc/dipa)

Komentar

Berita Terkini