|

Wagub Sumut Kunjungi Pusat Kampung Qur'ani di Deliserdang


INILAHMEDAN - Deliserdang: Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengunjungi Pusat Kampung Qur'ani yang terletak Gang Nusa, Tembung, Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Ahad (30/06/2019).

"Ini adalah keinginan umat. Warga berkumpul untuk menjadikan lokasi ini Kampung Qur'ani. Mungkin karena keresahan orang tua akan bahaya narkoba. Dengan hal seperti inilah dibangkitkan kembali iman anak-anak kita. Era milenial sekarang tidak hanya menyampaikan dengan kata-kata, tapi memberi contoh agar mudah dimengerti anak," Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck ini.

kata Ijeck, permintaan untuk berkunjung sudah lama. Tapi dia baru ini berkesempatan untuk hadir di Kampung Qur'ani. "Sudah lama Ustaz Sugeng Wanto meminta saya untuk hadir berkunjung. Bahkan sebelum jadi Wagub. Semoga keinginan untuk menjadi Kampung Qur'ani bisa terwujud di mana anak-anak sudah banyak yang diajarkan membaca Alquran, juga diajarkan cinta masjid," harapnya.

Istilah Kampung Qur’ani memang sengaja dimunculkan agar citra positif langsung melekat ketika mendengarnya. Paling tidak, ada usaha atau upaya yang dilakukan untuk membangun sebuah kampung yang bernuansakan Alquran.

Pimpinan Pusat Kampung Qur'ani Ustaz Sugeng Wanto mengaku semakin termotivasi untuk mewujudkan kampung yang cinta terhadap Alquran.

"Bapak Wagub Sumut ini sudah lama menjadi pembina kami. Karena memang ia fokus pada hal yang berhubungan dengan Alquran dan melahirkan generasi pecinta Alquran. Kehadiran beliau menjadi motivasi untuk kami agar semakin giat lagi mengajar sehingga apa yang kami cita-cita kan bisa terwujud," ujarnya.

Saat ini, kata dia, Pusat Kampung Qur'ani memiliki sedikitnya 200 santri yang semuanya tidak dikenakan biaya untuk menimba ilmu. Ada beberapa program yang dilakukan di tempat tersebut. Antara lain pembinaan dan pelatihan baca Alquran, pembinaan dan pelatihan syarhil dan fahmil Quran, lalu ada juga pembinaan dan pelatihan dai berbasis Alquran kelas cilik dan remaja.

Selanjutnya ada program tahfiz Alquran (in House Training) kelas anak-anak. Serta program membaca Alquran semua kalangan/lapisan masyarakat One Month Three juz (OMThree). (imc/bsk)


Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengunjungi Pusat Kampung Qur'ani di Gang Nusa, Tembung, Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Ahad (30/06/2019).


Komentar

Berita Terkini