|

Setelah Lebaran, Ini Penampakan yang Terjadi di Langit


INILAHMEDAN - Fenomena menarik akan terjadi di langit pasca Lebaran. Bulan terlihat begitu menarik. Keindahan langit akan terlihat pada saat senja.

Pergerakan bulan mulai dari saat lebaran menurut laman Langitselatan.com. Ini waktu dan deskripsinya.

Bulan Sabit bertemu Venus pada 16 Juni 2018. Momen Lebaran akan diwarnai dengan keindahahan langit senja ketika planet Venus akan berjumpa dengan bulan sabit tipis.

Dalam pandangan kasat mata, Venus akan muncul bagai bintang paling terang di dekat bulan sabit tipis. Bulan akan bersinar terang. Pasangan kosmis ini bisa diamati hingga 2 jam 44 menit setelah matahari terbenar.

Fase bulan separuh terjadi pada 20 Juni 2018. Pada saat itu, posisi bulan sudah mencapai 90 derajat terhadap posisi matahari di langit bumi. Masyarakat akan melihat separuh bagian bulan saja yang tersinari matahari, sebagian lainnya masih malam hari.

Secara astronomis, fase separuh awal akan terjadi pada pukul 17.52 WIB. Masyarakat sudah bisa melihat bulan di langit atas kepala tepat saat matahari terbenam, hingga pukul 23.26 ketika bulan separuh awal sudah berada pada ketinggian 8 derajat dari cakrawala barat.

Titik balik matahari terjadi pada 21 Juni 2018. Ini terjadi pada pukul 16.54 WIB. Pada peristiwa ini matahari akan berada rendah di atas cakrawalabagi orang-orang yang berada di belahan bumi selatan. Ini juga menjadi hari pertama musim dingin di belahan bumi selatan. Sementara di belahan bumi utara, matahari beradalebih tinggi di atas cakrawala sehingga menjadi penanda hari pertama musim panas.

Bulan bertemu Jupiter terjadi pada 24 Juni 2018. Saat itu bulan akan memandu dalam menemukan sang planet terbesar di tata surya ini. Konjungsi ini akan mencapai puncaknya pada pukul 01.47 WIB yang nantinya masyarakat dapat melihat jupiter lebih jelas lengkap dengan bulan-bulan terbesarnya.

Oposisi Saturnus terjadi pada 27 Juni 2018. Saturnus mencapai titik oposisi pada pukul 20.14 WIB. Ini adalah saat terbaik untuk mengamati planet bercincin karena sedang berada di jarak terdekatnya dengan bumi. Tapi meski dekat, masyarakat masih perlu teleskop untuk bisa mengamati cincinnya. Saturnus akan bersinar dengan rona kuning keemasan.

Bulan Purnama terjadi pada 28 Juni 2018. Pada akhir Juni, bulan berada dalam fase purnama yang secara astronomis akan terjadi pada pukul 11.54 WIB. Masyarakat bisa melihat purnama segera setelah matahari terbenam. (***/imc)

Sumber: tempo
Komentar

Berita Terkini