|

Bupati Buka Bimtek II Lanjutan Tahap I


INILAHMEDAN
- Sidikalang : Usai Bimbingan Teknik (Bimtek) tahap I pada Senin, hari ini kembali dilanjutkan kembali di Aula Sada Ahmo tahap II Penyelarasan Draft Master Plan Smart City dan Koordinasi Implementasi Program Quick Win Kabupaten, Rabu (22/09/21). 

Kegiatan selama 2 hari itu dibuka langsung oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu. Bupati menyebutkan sama seperti pembahasan tahap I bahwa konsep smart city untuk mengintegrasikan teknologi informasi komunikasi (TIK) dan berbagai perangkat IoT untuk mengoptimalkan efisiensi operasi dan layanan kepada masyarakat.

 " Semua harus terkoneksi. Dengan demikian akan membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Itulah makanya pemerintah mencanangkan smart city bagi daerah yang terpilih. Hasil akhirnya layanan kita akan lebih mudah," ujarnya. 

Bupati Eddy Berutu mengatakan dengan teknologi, bayi baru lahir pun secara cepat akan memiliki data administrasi kependudukan. 

" Itulah salah satu fungsi teknologi yang akan kita bangun. Digitalisasi mampu mendorong peningkatan transparansi pengelolaan tata kelola pemerintah. Dengan menerapkan sistem digital aspek dan efisiensi kerja semakin dapat ditingkatkan, memberikan ruang transparansi yang akhirnya dapat mendorong peningkatan sikap responsif masyarakat dalam pembangunan," paparnya. 

Ia menjelaskan program ini menjadi salah satu langkah untuk mengejar ketertinggalan  dengan daerah lain ditengah pandemi yang dampaknya semua daerah merasakan.

" Justru saat inilah peluang kita, bagi saya ini peluang kita mengejar ketertinggalan. Jadi pada saat menyusun rencana dan strategi fokuskan pada masyarakat. Timing (waktu) ini sangat pas, karena saat ini sedang dilaksanakan penyusunan perbaikan renstra. Tapi saya minta ini tidak lama. Kita tidak bisa lagi menunggu lama," ucapnya.  

" Saya minta peserta banyak berdiskusi dan bertanya dengan para ahli yang sudah hadir. Esok hari harus sudah dapat hasil. 

Persoalan tidak sempurna, itu soal lain, nanti kita sempurnakan. Kalau kita secara bersama-sama menggunakan teknologi maka perlahan masyarakat akan secara perlahan juga lebih mudah memahami. Mari, fokuskan diri selama bimtek ini. Jadi, bersungguh-sungguhlah manfaatkan teknologi ini," imbuhnya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Rahmat Syah Munthe, kegiatan Bimtek Tahap 2 kegiatan serupa di Balai Budaya, Sidikalang.

" Kita akan mensinkronkan renstra OPD dengan rencana aksi dan program smart city ditambah dengan program quick win Kabupaten," sebutnya. 

Hal senada juga dikatakan Kadis Kominfo, Fitrah R Kautsar dari Tenaga Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika, kehadiran pihaknya di Kabupaten Dairi untuk mematangkan rencana yang sudah dibangun ditahap I dan menindaklanjutinya di tahap II.

" Kita akan coba matangkan rencana program quick win sebagai program di Smart City di Kabupaten Dairi. Progres disini sangat baik karena bapak bupati terlibat langsung. Saya berharap Kabupaten Dairi dapat menjadi contoh baik bagi daerah lain," sebutnya.

Hadir juga dalam kegiatan, Kepala Dinas Pertanian Efendy Berutu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Mahadi Kudadiri dan peserta perwakilan dari OPD terkait dan perwakilan dari Kantor Kecamatan Sidikalang. (imc/am) 


Komentar

Berita Terkini