-->
    |

Resmi Dilantik Presiden, Jenderal Sigit Terima Tongkat Kepemimpinan Kapolri


INILAHMEDAN
- Jakarta : Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Rabu (27/01/21). 

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan memasuki masa purna tugas pada 1 Februari 2021 mendatang. 

Listyo Sigit Prabowo sebelumnya telah menjalani fit and proper tes Kapolri. Setelah penunjukannya sebagai calon tunggal Kapolri yang diusulkan oleh Presiden RI kepada DPR RI. 

Sementara itu, usai dilantik di Istana Negara, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri melaksanakan upacara serah terima jabatan (Sertijab). 

Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menerima tongkat kepemimpinan korps Bhayangkara dari Jenderal Idham Azis. Sertijab ini sesuai dengan keputusan presiden (Keppres) Nomor 5/Polri/2021.

Sertijab digelar di gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (27/01/21). Sertijab ini sekaligus penyerahan kepemimpinan Bhayangkari dari Fitri Idham Azis ke Juliati Sigit Prabowo.

Upacara dihadiri oleh pejabat utama Mabes Polri antara lain, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto dan lain-lain. 

Kegiatan itu juga menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat serta disiarkan secara virtual dan dihadiri oleh seluruh Polda. Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan siap mengemban tugas sebagai pimpinan Polri. 

Sedangkan Jenderal Idha menyebut akan menggandeng semua pihak baik senior maupun junior untuk mewujudkan Polri yang Presisi atau Pemolisian prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

" Penunjukan saya sebagai Kapolri merupakan suatu amanah yang sangat besar bagi saya untuk menanggung konsekuensi pertanggungjawaban 

Tidak saja kepada hukum dan peraturan perundang-undangan kepada pemimpin negara masyarakat dan negara tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkapnya.

Jenderal Idham Azis mengucapkan terima kasih atas dukungannya selama menjabat sebagai Kapolri. Idham yakin Jenderal Sigit dapat membawa Polri ke arah yang lebih baik lagi.  (rel/imc)


Komentar

Berita Terkini