|

Wali Kota Tebingtinggi Buka Rapat Koordinasi Teknologi Budidaya Padi Organik


INILAHMEDAN - Tebingtinggi: Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan M Dimiyati membuka rapat koordinasi dengan tema 'Penerapan Teknologi Budidaya Padi Organik' di gedung H Sawiyah, Selasa (25/09/2018).

Narasumber pada rapat koordinasi itu Bupati Serdangbedagai ISoekirman, Kepala UPTD OKKPD Provinsi Sumut Halomoan Napitupulu dan pengurus Kelompok Tani Subur Desa Lubuk Bayas, Kabupaten Serdangbedagai.

Wali Kota mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini karena sebagai salah satu upaya bagi pelaku tani dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

"Serta dapat mendorong pelaku tani bersinergi dengan pemerintah daerah," kata Wali Kota.

Dalam rapat koordinasi itu ada beberapa  hal yang harus dilaksanakan yakni pembinaan dan monitoring pemberian bantuan kepada petani, mematuhi pola dan jadwal tanam serentak, melakukan koordinasi kinerja P3A dan mendukung program pemerintah dalam pencapaian target pertanian, serta penyaluran pupuk bersubsidi yang baik.

Wali Kota juga mengimbau kepada para aparatur pemerintahan mulai dari desa hingga OPD agar terus bekerja sama guna peningkatan perekonomian masyarakat khususnya petani termasuk pertanian organik yang saat ini diprioritaskan.

Sementara Bupati Sergai Soekirman yang juga menjabat Ketua Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina) Sumut dan ketua DPW Perhiptani Sumut mengatakan masalah pertanian yang harus diperhatikan adalah kebijakan, kelembagaan, kebersamaan serta keberlanjutan.

:Isu pertanian organik saat ini sedang mencuat sebagai produk yang mendapat kelas tersendiri hingga di tingkat dunia," katanya.

Menurut Soekirman, kegiatan ini menjadi tindak lanjut dari penandatangan MoU pengembangan dan pemasaran pertanian organik antara Kota Tebingtinggi dan  Kabupaten Sergai.

"Hal positif yang dapat diambil adalah semakin banyak potensi dikembangkan akan menjadi kekuatan bagi daerah kita," kata Soekirman. (imc/susilawati)
Komentar Anda

Berita Terkini