|

Wali Kota: Daun Jatuh pun Harus Diketahui Camat dan Lurah


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, meminta para camat dan lurah harus mengetahui apapun yang terjadi di wilayahnya.

“Artinya, daun jatuh selembar pun harus mereka (camat dan lurah-red) ketahui,” kata Wali Kota mengilustrasikan kinerja camat dan lurah pada rapat yang dihadiri sejumlah pimpinan SKPD, camat dan lurah se-Kota Medan di Balai Kota, Senin (19/09/2016).

Wali Kota juga menegaskan, para camat dan lurah harus peka terhadap kondisi di wilayah tugasnya dan lekas menyahuti keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat.

Kata Wali Kota, camat dan lurah dilarang mematok harga atau pun meminta imbalan dari masyarakat yang tengah mengurus surat-surat mau pun keperluan lainnya di kantor camat atau di kantor lurah.

“Saya tegaskan agar camat dan lurah tidak main patok harga begitu warga membutuhkan pelayanan. Seharusnya begitu masyarakat datang, camat dan lurah langsung menawarkan diri untuk membantu. Sebab camat dan lurah adalah pelayan masyarakat dan mendapatkan insentif di luar gajinya,” tegasnya.

Selanjutnya, kata Wali Kota, camat, lurah serta kepling harus menjadi corong pemerintah kepada masyarakat. Maksudnya, mereka harus bisa menyampaikan program-program yang dilaksanakan Pemko Medan agar masyarakat mengetahuinya.

"Apabila ada keluhan masyarakat yang belum terlaksana, camat dan lurah harus menyampaikan apa yang menjadi kendalanya sehingga masyarakat dapat mengetahuinya," katanya.

Camat dan lurah, kata dia, juga harus peka dengan keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media sosial (medsos). Apabila keluhan itu menyangkut SKPD terkait, minta penjelasan dari SKPD yang bersangkutan serta share kembali kepada masyarakat yang menyampaikan keluhan tersebut agar dapat mengetahuinya.

"Jadi jangan didiamkan saja,” pesannya.

Wali Kota juga meminta camat, lurah dan kepling agar tidak meminta dana masyarakat untuk kegiatan mau pun meraih sesuatu.

"Cara-cara seperti itu sudah kuno. Apabila PAD kita bagus, saya akan naikkan insentif. Jadi terus bekerjalah dengan penuh semangat dan tanggung jawab agar peningkatan PAD terwujud,” ujarnya. (bsk)

Komentar

Berita Terkini