|

Hasyim Apresiasi Kinerja Puskesmas dan Dinsos Respon Cepat Kondisi Nek Sarti

Ketua DPRD Kota Medan Hasyim mengapresiasi kinerja pihak Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan Medan Denai, Tim Medis Puskesmas Tegal Sari dan Dinas Sosial Kota Medan yang merespon cepat menangani kondisi Nek Sarti (78) yang tinggal sebatangkara di gubuk di pinggiran Sungai Denai. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Ketua DPRD Kota Medan Hasyim mengapresiasi kinerja pihak Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan Medan Denai, Tim Medis Puskesmas Tegal Sari dan Dinas Sosial Kota Medan yang merespon cepat menangani kondisi Nek Sarti (78) yang tinggal sebatangkara di gubuk di pinggiran Sungai Denai.

"Kini kondisi Nek Sarti, di mana sesuai dengan alamat di KTP yang merupakan Warga Jalan Rawacangkuk IV No 62, Kelurahan Tegal Sari Mandala (TSM) III Kecamatan Medan Denai tersebut dalam keadaan sakit. Kini tengah ditangani tenaga medis dari puskesmas setempat dan kemudian dibawa ke Panti Sentra 'Bahagia' Medan milik Kemensos RI," kata Hasyim kepada wartawan, Minggu (21/05/2023).

Hasyim mengatakan, respon cepat yang dilakukan pihak puskesmas dan Dinas Sosial Kota Medan terhadap Nek Sarti ini menunjukkan kinerja baik mereka dalam mendukung program Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution untuk mewujudkan masyarakat Medan yang berkah, maju dan kondusif.

Ke depan Hasyim berharap kepada OPD-OPD lainnya juga harus berperan menunjukkan kinerja yang baik untuk mendukung program kerja Wali Kota Medan yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan 5 program Prioritas. Sehingga 7 misi untuk mewujudkan RPJMD Kota Medan yaitu medan berkah, medan maju, medan bersih, medan membangun, medan kondusif, medan inovatif, dan medan beridentitas di samping 5 program prioritas yakni penanganan di bidang kesehatan, infrastruktur, banjir, kebersihan dan pembenahan heritage dengan pemberdayaan UMKM dapat terealisasi. 

Mengenai keberadaan Nek Sarti, berawal dari Informasi warga kepada Ketua DPRD Medan Hasyim saat melaksanakan reses di Lapangan Volly Jalan Rawacangkok IV Medan, Jumat (19/05/2023). Warga memberitahukan ada seorang wanita lanjut usia tinggal sendirian di sebuah gubuk yang berdiri persis di pinggiran Sungai Denai.

Seusai reses, Hasyim bersama Lurah TSM III, Muhammad Rizki dan Kepala Puskesmas Tegal Sari, drg Kartika, serta Pengurus PAC PDI Perjuangan Kecamatan Medan Denai langsung mendatangi kediaman Nek Sarti. 

Sambil menangis Nek Sarti menyampaikan kepada Hasyim bahwa semenjak suaminya meninggal, ia kurang mendapatkan perhatian dari anak-anaknya. Alhasik Nek Sarti tinggal sebatang kara dalam kondisi sakit di gubuk yang secara swadaya dibuat warga di pinggiran Sungai Denai.

Melihat kondisi Nek Sarti yang memprihatinkan, Hasyim meminta pihak Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Medan Denai, Puskesmas Tegal Sari dan Dinas Sosial Medan saling berkoordinasi agar Nek Sarti bisa mendapatkan tempat tinggal layak maupun perawatan kesehatan dan ada yang menjaganya.

Keesokan harinyaNek Sarti dibawa ke Panti ke Panti Sentra 'Bahagia' Medan milik Kemensos RI. Sebelum dibawa kondisi Nek Sarti terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini