|

Pangdam I/BB Sambut Panglima TNI Tinjau Latihan Serbu Pendaratan Amfibi

Pangdam I/BB Mayjen Achmad dan Panglima TNI Jenderal Andika. (foto : dok)  
INILAHMEDAN - Singkep : Pangdam I/BB Mayjen Achmad Daniel Chardin menyambut kedatangan Panglima TNI  Jenderal Andika Perkasa dalam rangka kunjungan kerja peninjauan Latihan Serbuan Pendaratan Amfibi diperairan Dabo Singkep, Kepulauan Riau pada Minggu (20/11/2022).

Latihan bersama antara TNI AL dengan Angkatan Laut Australia dengan sandi 'Ausindo Amphibious Assault Exercise' berlangsung dari 19-20 November 2022. 

Ini merupakan program latihan secara rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh Royal Australian Navy bersama Angkatan Laut negara mitra dikawasan Indo-Pasifik sejak tahun 2017. Salah satunya Angkatan Laut. 

Dalam latihan, TNI AL mengerahkan KRI Banjarmasin-592 yang didukung oleh 500 prajurit terdiri dari pasukan pendarat Korps Marinir AL, Kopaska, serta Taifib, Helikopter AL, Tim Kesehatan, serta dukungan pesawat udara F-16 milik Angkatan Udara. 

Sedangkan Angkatan Laut Australia akan mengerahkan personil dan Kapal Perang HMAS Adelaide, Helikopter, LCC, Zodiac, truk logistik, serta ambulance.

Kegiatan itu sebagai upaya menjalin hubungan kerja sama bilateral kedua negara, TNI AL dan Australian Defence Force (ADF) dengan menggelar latihan gabungan bersama bersandi Ausindo Amphibious Assault Joint Exercise (AAJEX) 2022 yang melibatkan TNI AU, RAN dan Royal Australian Army.

Turut berhadir antara lain Danrem 033/Wira Pratama Brigjen Yudi Yulistyanto serta sejumlah Pejabat Utama jajaran Mabes TNI AL dan unsur Forkopimda Kepri.  (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini