|

Tingkatkan Kemampuan Prajurit Yonif Raider 100/PS Kembali Gelar Lathar Rutin

Pangdam I/BB Mayjen Achmad dan Kasdam Brigjen Purwito. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Medan : Guna memelihara dan meningkatkan kemampuan dimiliki oleh prajurit Yonif Raider 100/PS perlu dilaksanakan latihan kemampuan Raider sesuai program kerja Triwulan II TA 2022 bidang latihan. 

Hal itu disampaikan Komandan Batalyon Infanteri Raider 100/Prajurit Setia (Danyonif Raider 100/PS) Letnan Kolonel Muhamad Bassarewan dalam rapat bersama Pangdam I/BB Mayjen Achmad Daniel Chardin didampingi Kasdam I/BB Brigjen Purwito Hadi Wardhono pada Kamis (09/06/22). 

Danyonif Raider 100/PS menyebutkan bahwa dengan melaksanakan Latihan pemeliharaan Raider, diharapkan kemampuan yang ada dapat meningkat dan terus terpelihara guna mendukung tercapainya tugas pokok Kodam I/BB dan Batalyon Infanteri Raider 100/PS. 

Satuan Raider 100/Prajurit Setia sebagai satuan pemukul milik Kodam I/BB yang memiliki kemampuan handal dan dapat beroperasi diberbagai macam medan dan situasi diperlukan latihan yang intensif agar tujuan dan sasaran pembentukan satuan Raider dapat tercapai. 

Penyelenggaraan latihan pemeliharaan Raider Batalyon Infanteri Raider 100/PS Triwulan II TA 2022 dari 13 -18 Juni 2022 dan 20-27 Juni 2022 dengan melibatkan prajurit Yonif Raider 100/PS sebanyak 273 orang terdiri dari penyelenggara 63 dan pelaku 210 orang. 

Materi latihan berupa serbuan ruangan, mobil udara, patroli (TPRAG), menembak tempur reaksi, renang militer, pertempuran kota, infiltrasi/eksfiltrasi, raid penghancuran, raid pembebasan tawanan, ralasuntai, basis tempur (BT). 

Rapat Lathar prajurit Yonif Raider 100/PS Triwulan II TA 2022. (foto : dok) 
Pancangan kaki pantai (PKP) dan renang taktis dengan tiga tahap latihan meliputi, tahap basis, hutan gunung dan tahap rawa laut. 

Untuk tahap basis dilaksanakan pada 13-18 Juni 2022 di Asmil Yonif Raider 100/PS, Namu Ukur Utara kompleks dan Binjai Kompleks dengan materi latihan berupa serbuan ruangan, Mobud, Patroli (TPRAG), menembak tempur reaksi, renang militer, pertempuran perkotaan, infiltrasi dan eksfiltrasi, raid penghancuran, raid pembebasan tawanan, ralasuntai, PKP dan renang taktis. 

Sedangkan tahap hutan gunung dilaksanakan 20-23 Juni 2022 di Kecamatan Sei Bingai Kompleks dengan materi latihan berupa basis tempur (BT), patroli (TPRAG), infiltrasi dan eksfiltrasi, raid penghancuran dan pembebasan tawanan.

Terakhir, tahap rawa laut dilaksanakan 24-27 Juni 2022 di Pangkalan Susu Kompleks dengan materi latihan berupa PKP, renang taktis, raid pembebasan tawanan dan penghancuran.  

" Semoga Lathar Yonif Raider 100/PS bisa berjalan lancar, aman dan terkendali dengan hasil sesuai dengan harapan guna mewujudkan prajurit yang tanggap, tanggon, trengginas," pungkas Letnan Kolonel Muhamad Bassarewan. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini