|

Pasca Program Mudik Bareng Pemko Medan, Lonjakan Covid-19 Tiga Hari Terakhir 0

Program Mudik Bareng Pemko Medan berakhir. Sekitar 3.491 warga yang diantar secara gratis ke kampung halamannya telah kembali ke Medan.(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Program Mudik Bareng Pemko Medan berakhir. Sekitar 3.491 warga yang diantar secara gratis ke kampung halamannya telah kembali ke Medan. Pasca kembalinya para pemudik, tidak menyebabkan lonjakan kasus konfirmasi Covid-19 di Medan.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Medan menunjukkan, dalam beberapa hari ini perkembangan kasus Covid-19 di Medan cukup menggembirakan. Pada Jumat (13/05/2022) tidak terjadi kenaikan angka konfirmasi Covid-19 atau 0.

Bahkan terjadi peningkatan pasien sembuh sebanyak 2 orang. Sehari sebelumnya, Kamis (12/05/2022), tidak ada kenaikan angka konfirmasi Covid-19. Malah terjadi peningkatan pasien sembuh sebanyak 5 orang. Begitu juga pada Rabu (11/05/2022), sama sekali tidak terjadi kenaikan angka konfirmasi Covid-19. Jumlah pasien sembuh meningkat sebanyak 2 orang. 

Dalam pelaksanaan mudik gratis ini, Pemko Medan juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Seluruh pemudik yang mengikuti program ini wajib telah melakukan vaksinasi. Untuk memberikan kemudahan, Pemko Medan juga menyiapkan vaksinasi gratis bagi calon pemudik yang belum melakukan vaksin.

Program yang pertama kali dilaksanakan Pemko Medan ini tanpa menggunakan anggaran APBD. Tapi merupakan hasil kolaborasi Pemko Medan dengan stakeholders, pelaku usaha, Kadin, Bank Sumut, serta didukung Forkompimda Medan.

Program ini berlangsung selama tiga hari yakni 29 dan 30 April, serta 1 Mei bersamaan dengan peringatan Hari Buruh. Sasaran program ini adalah buruh, pekerja, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat di Medan. 

Program mudik gratis ini disambut antusias masyarakat. Dalam tiga hari pendaftaran dibuka, jumlah warga yang mendaftar sudah melampaui quota. 

Jumlah warga  yang mendaftarkan mengikuti program ini baik secara online maupun langsung sebanyak 3.600 orang. Namun setelah seleksi, termasuk soal persyaratan vaksin, jumlah pemudik program Mudik Bareng Pemko Medan ini menjadi sebanyak 3.491. Total armada yang digunakan untuk mudik gratis ini sebanyak 125 unit. Ini terdiri dari 68 bus besar dan 1 bus sedang, dan 56 bus kecil. 

Ada 13 daerah tujuan dalam program mudik gratis ini. Yakni tujuan Medan - Gunungtua, Medan - Kotapinang, Medan - Palas, Medan - Rantauparapat, Medan - Natal, Medan - Padangsidempuan, Medan - Panyabungan, Medan - Parapat, Medan - Sipirok, Medan - Tarutung, Medan - Sibolga, Medan - Sidikalang, Medan - PakpakBarat.(imc/bsk) 



Komentar

Berita Terkini