|

Mudik Gratis Pemko Medan, Hasyim: Perlu Diapresiasi dan Jaga Prokes

Ketua DPRD Medan Hasyim SE. (foto: dok) 


INILAHMEDAN - Medan: Ketua DPRD Medan Hasyim sangat mengapresiasi program Mudik Gratis yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Medan. 

"Tentunya perlu kita apresiasi. Ini sangat membantu masyarakat yang berada di Medan yang hendak berlebaran di kampung halamannya," kata Hasyim di Medan, Rabu (20/04/2022). 

Program Mudik Gratis ini merupakan pertama kali dilaksanakan Pemko Medan. Mudik Gratis ini sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, baik itu kaum buruh, pekerja, mahasiswa dan pelajar. 

"Dari sisi finansial tentu sangat membantu," kata Ketua PDIP Kota Medan ini. 

Sebagaimana diketahui, kata Hasyim, momentum Idul Fitri, perayaan hari besar keagamaan umat Islam ini selalu dimanfaatkan umat Islam untuk bersilaturahmi dan bersama sanak keluarga dan tetangga. 

"Mobilitas masyarakat cukup tinggi untuk melaksanakan perjalanan mudik. Baik dengan naik mobil pribadi, sepeda motor dan jasa angkutan. Dengan program Mudik Gratis ini, tentunya dapat mengurangi kemacetan lalu lintas," kata Hasyim seraya mengimbau masyarakat dan pemudik tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

Hasyim juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan memohon maaf kepada seluruh masyarakat terutama warga kota Medan di mana pun berada.

 "Semoga di hari yang fitri ini semua dosa kita dihilangkan. Amin," harapnya.

Sebelumnya, Kadis Perhubungan Kota Medan Izwar mengatakan Pemko Medan akan memasilitasi armada Mudik bagi masyarakat yang hendak berlebaran du kampung halamannya. 

"Layanan Mudik Gratis ini khusus untuk masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman dibwilayah Sumatera Utara," terangnya. 

Pendaftaran Mudik Gratisvmulai dibuka pada 20-25 April 2022 dari pukul 10.00 Wib s/d 16.00 Wib. 

"Tempat pendaftaran di Posko Dishub Kota Medan sisi jalan Pulau Pinang Lapangan Merdeka. Bisa juga mendaftarkan online lewat-mudik bareng.pemkomedan.go.id," jelasnya.

Keberangkatan dimulai pada 29, 30 April dan 1 Mei 2022. Titik kumpul keberangkatan di Lapangan Merdeka Medan. 

Ada pun rute perjalanan Mudik Gratis antara lain Medan - Rantauprapat - Kota Pinang - Gunung Tua - Palas - Sibuhuan. .

Kemudian Medan - Prapat - Sipirok - Sidempuan - Penyambungan - Natal. Medan - Tarutung - Sibolga. Medan - Sidikalang - Pakpak Bharat.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini