|

Ombudsman RI Apresiasi Bupati Batubara di Bidang Pelayanan Publik

Bupati Batubara Zahir memberikan penghargaan kepada Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus di bidang pelayanan publik. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Bupati Batubara Zahir mengucapkan terima kasih kepada jajarannya yang telah bekerja sama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta terus berjuang melaksanakan vaksinasi Covid -19. 

Hal tersebut disampaikan Zahir saat memberikan bimbingan dan arahan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pemerintahan Kabupaten Batubara di Aula T Garden Little Bali In Medan Jalan Jati Kesuma Kecamatan Namorambe Kabupaten Deliserdang Sumatera Utara, kemarin. 

Kegiatan itu dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada OPD yang mendapatkan nilai kepatuhan tertinggi dalam pelayanan publik sesuai penilaian Ombudsman sehingga menghasilkan Pemkab Batubara meraih predikat tertinggi atau Zona Hijau dari Ombudsman serta lounching aplikasi dan peluncuran buku Zahir.

Menurut Zahir, sektor pemerintahan memanfaatkan digitalisasi untuk efisiensi biaya dan waktu dalam pelayanan publik. Dengan begitu pelayanan publik kepada masyarakat menjadi lebih cepat.

Digitalisasi, kata dia, berarti mengubah sesuatu menjadi digital dalam memanfaatkan teknologi. Digital dapat bermacam-macam, mulai dari digital pelayanan, laporan, pemasaran dan lainnya. 

"Di saat pandemi ini, digital harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi berbagai sektor termasuk sektor pendidikan," kata Zahir. 

Ditempat terpisah, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Sumatera Utara Abyadi Siregar mengapresiasi Bupati Batubara Zahir dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. 

"Ini memang tugas dan peran kepala daerah dalam penyelenggaraan pelayanan publik sebagaimana diatur dalam Pasal 6 UU No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik," kata Abyadi. 

Abyadi juga menambahkan ini penting untuk menjadi motivasi bagi semua pimpinan unit pelayanan publik. Sehingga mereka merasa bahwa kinerja baik yang mereka lakukan, juga mendapat perhatian dari pimpinan yang diwujudkan dalam bentuk reward atau penghargaan. 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus yang akrab dipanggil (Ncekly) usai menerima penghargaan mengatakan apa yang diraihnya saat ini tidak terlepas dari dukungan kawan-kawan di Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara yang selama ini terus mendukung guna kemajuan pendidikan. 

Mantan Kepala Biro Humas Pemrovsu yang terkenal ramah dan selalu dekat dengan awak media juga mengatakan selain dukungan dari teman-teman di dinas, tak terlepas juga dari dukungan kawan-kawan media. 

Ilyas juga terus berupaya untuk mengembangkan aplikasi yang telah dibangun di dinasnya, seperti PPBD Online, e-simpelbos.batubarakab, e-layanan, e-mgmp, e-mentoring, e-supervisi, e-dupak, e-saspras, e-layanan, e-keuangan dan lainnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini