|

Wali Kota Bobby Komitmen Wujudkan Program Kawasan Bersih

Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau proses daur ulang sampah guna mewujudkan Medan bersih. (foto: dok) 


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen mewujudkan program 'Kawasan Bersih' sebagai salah satu janji kampanyenya.

Komitmen ini untuk mengubah Kota Medan yang pernah mendapat predikat sebagai kota terjorok pada 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Berbagai upaya terus dilakukan Bobby untuk menjadikan Medan bersih. Salah satunya mengeluarkan kebijakan agar Kota Medan dapat bersih lewat pengelolaan sampah dan penetapan kawasan bersih melalui Surat Keputusan (SK) Wali Kota Medan No 658.5/31.K/VIII/2021 tentang Lokasi Percontohan Kawasan Bebas Sampah di Kota Medan Tahun 2021. Melalui SK tersebut, Bobby menetapkan 6 titik sebagai lokasi percontohan kawasan bersih.

Adapun keenam lokasi tersebut yakni, Kampung Sejahtera, Medan Petisah persisnya di Lingkungan 1 dan 3. Lalu, Lingkungan 4 dan 5 Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli serta Lingkungan 22 dan 23 Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan. Kemudian, 3 pasar yaitu Pasar Induk Lau Cih, Pasar Bhakti dan Pasar Sentosa Baru.

“Langkah ini merupakan salah satu wujud dan komitmen untuk menjadikan Kota Medan bersih dan bebas sampah. Tujuan kita untuk menangani permasalah sampah agar terwujud Medan Bersih sehingga masyarakat dapat merasa nyaman,” kata Bobby Nasution kemarin.

Tidak itu saja, kebijakan Bobby juga menjadi trigger bagi kecamatan lain agar dapat lebih peduli pada kebersihan kawasannya masing-masing. Terbukti, sejumlah kawasan lain pun kini secara rutin melakukan gotong royong dan masyarakat mulai sadar untuk ikut serta menjaga kebersihan tempat tinggal mereka.

Program kawasan bersih sebagai bentuk komitmen Bobby Nasution untuk wujudkan janji kampanye mendapat dukungan dari dosen Ilmu Komunikasi FISIP USU Arif Marizki Purba.

 "Program itu merupakan wujud komitmen terhadap janji kampanye beliau. Dengan adanya program kampanye Medan bersih ini, tentunya sangat membantu masyarakat dalam kebersihan. Di samping itu juga untuk mendorong masyarakat agar mau lebih peduli terhadap lingkungan, terutama persoalan sampah guna menuju masyarakat Medan yang sehat, bersih dan rapi. Sampah adalah masalah yang harus serius dan fokus ditangani," ungkap Arif.

Arif juga mengapresiasi sejumlah kebijakan dan langkah Bobby dalam masalah kebersihan, termasuk penanganan dan pengelolaan sampah yang dilakukan, termasuk penggunaan bio teknologi sangat membantu untuk daur ulang sampah sehingga murah terurai dan  aman untuk makhluk hidup, khususnya manusia.

Arif menyarankan agar Bobby harus tetap terus melaksanakan program/kampanye kawasan Medan Bersih. Kemudian terus menyosialisasikan secara berkala kepada warga sekitar dalam memupuk kesadaran mereka untuk menjaga kebersihan.(imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini