|

Tekan Penyebaran Covid-19, Pemko Medan Gencar Lakukan Testing dan Tracing

Wali Kota Medan, Bobby Nasution rapat bersama unsur Forkopimda Kota Medan, di Makodim 0201/BS Medan, Kamis (26/08/2021).(foto: ist) 


INILAHMEDAN - Medan: Pemko Medan terus berupaya menekan penyebaran covid-19 di Kota Medan. Salah satunya gencar melakukan testing dan tracing. Bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif akan ditempatkan di lokasi isolasi terpusat (isoter) yang telah disediakan Pemko Medan.

Hal ini terungkap ketika Wali Kota Medan, Bobby Nasution rapat bersama unsur Forkopimda Kota Medan, di Makodim 0201/BS Medan, Kamis (26/08/2021).

Rapat tersebut diikuti Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Agus Setiandar, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko, Kapolresta Pelabuhan Belawan, AKBP R Dayan, dan Plt Kadis Kesehatan Kota Medan dr Mardohar.

Dalam rapat tersebut Bobby mengatakan saat ini restoran dan pusat perbelanjaan seperti Mall sudah diperbolehkan beroperasi, namun untuk menghindari terjadinya lonjakan penularan perlu dilakukan antisipasi dan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Sampai sekarang penularan masih cukup tinggi, jadi perlu kita antisipasi agar tidak semakin melonjak," kata Bobby.

Selain itu testing dan tracing juga terus ditingkatkan Bobby khususnya di kecamatan yang berzona merah. Bagi masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 akan langsung ditempatkan di lokasi isoter yang telah disediakan guna menghindari penyebaran covid-19 yang semakin meluas. Bobby Nasution nantinya juga akan memerintahkan jajaran Camat untuk mendata warganya yamg terkonfirmasi agar langsung ditempatkan di lokasi isoter.

Untuk mendukung dilakukannya testing dan tracing tersebut, Bobby mengatakan akan menambah jumlah petugas dan menjalin kerjasama dengan berbagai Lab Rumah Sakit yang ada di Kota Medan untuk mempercepat hasil tes PCR keluar.

"Kita akan menambah jumlah petugasnya, termasuk juga bekerjasama dengan Lab Rumah Sakit yang ada di Kota Medan, agar hasil tes PCR masyarakat dapat dengan cepat diketahui hasilnya."tambah Bobby Nasution lagi.

Sedangkan terkait vaksinasi Covid-19 yang telah dilakukan Pemko Medan sampai dengan hari ini, Bobby menyebutkan jumlahnya sudah mencapaikan 17,73%. Jumlah tersebut diluar dari jumlah vaksinasi yang dilakukan oleh TNI dan Polri.

"Sampai dengan dosis kedua jumlah vaksinasi yang kami lakukan sudah mencapai 17.73%, itu belum ditambah jumlah vaksinasi yang dilakukan TNI dan Polri, jadi nanti akan kami gabungkan seluruh datanya agar diketahui berapa capaian vaksinasi untuk kota Medan."sebut Bobby Nasution.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini