|

Pemkab Karo Gelar Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Alam



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Pemkab Karo menggelar apel kesiapsiagaan mengantisipasi berbagai kemungkinan  bencana alam dalam rangka pergantian musim kemarau ke musim penghujan, Rabu  (11/11/2020) di halaman Kantor Bupati Karo Kabanjahe. 

Hal ini ditegaskan Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Kasdim 0205 /Tanah Karo Mayor Inf Daulat Marpaung, Ketua PMI  Karo Fas Beru Pelawi, Plt BPBD Karo Natanael Peranginangin, dan para OPD Karo kepada wartawan saat meninjau kesiapan personil dan alat kelengkapan sarana dan prasarana. 

Menurut Terkelin, sinergitas berbagai elemen  sangat perlu dilakukan berbagai pesiapan untuk mengantisipasi bencana yang ditimbulkan, karena Karo termasuk daerah yang berpotensi mengalami  longsor, dan erupsi Gunung Sinabung, cuaca ekstrem dan kekeringan.

"Apel kesiapsiagaan ini merupakan bentuk respon pemerintah mengantisipasi kejadian bencana secara terpadu. Dengan langkah persiapan yag matang, Pemkab Karo  dapat melakukan antisipasi dan langkah-langkah penanganan secara cepat, sehingga dampak bencana yang ditimbulkan bisa diminimalisir," tambahnya. 

Berkaitan dengan itu, katanya, Pemkab Karo melibatkan  berbagai unsur untuk mengantisipasinya, seperti BPBD, perangkat daerah terkait, TNI, Polri, elemen masyarakat dan organisasi kepemudaan, agar faktor sinergisitas bisa menjadi kunci keberhasilan. 

Dalam kesempatan itu, Terkelin juga mengintruksikan agar para camat, kepala desa yang berada di kawasan rawan bencana untuk proaktif dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya dengan melakukan langkah-langkah penanganan awal serta dapat mengkoordinasikan dan melaporkan setiap kejadian secara cepat kepada tim kesiapsiagaan.

Sementara itu, Plt BPBD Natanail Peranginangin menambahkan,  apel kesiapsiagaan menghadapi bencana 

alam ini sebagai bentuk  kesiapan Karo  menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam baik dari kesiapan personil, kesiapan sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya. 

Sedangkan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono mengatakan, dalam apel kesiapsiagaan ini Polri  dan TNI komit mendukung   penuh kegiatan  apel penanggulangan bencana, sehingga telah disiapkan personil gerak cepat mengatasi.(imc/is) 






Komentar

Berita Terkini