|

Komisi II: Selamatkan RSUD Pirngadi



INILAHMEDAN - Medan: Komisi II DPRD Medan meminta Pemko Medan menggelontorkan dana untuk membenahi RSUD Pirngadi Medan di bidang pelayanan kesehatan. Dengan begitu PAD dari sektor itu bisa terdongkrak.

Desakan itu dilakukan Komisi II pada rapat pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Medan Tahun Anggaran (TA) 2021 bersama manajemen RSUD Pirngadi Medan di ruang Komisi II, Minggu (15/11/2020).

Rapat dipimpin Ketua Komisi II Surianto didampingi Sekretaris Dhiyaul Hayati, Wakil Ketua Komisi Sudari dan anggota Afif Abdillah, Modesta Marpaung, Wong Cun Sen dan Johannes Hutagalung. Hadir Dirut RS Pirngadi Medan Suriadi Panjaitan didampingi Reza dan beberapa stafnya.

Komisi II merekomendasikan penambahan anggaran untuk pembenahan perbaikan infrastrukrur di rumah sakit itu. Dewan mengaku prihatin dengan kondisi RS Pirngadi yang terus mengalami devisit. Parahnya, pelayanan kesehatan semakin buruk.

Seperti yang disampaikan anggota Komisi II Afif Abdillah. Dia menyebutksn RS Pirngadi sebagai salah satu ikon Kota Medan harus dipertahankan. Untuk itu, segala bentuk bantuan ke RS type B milik Pemko Medan itu harus diprioritaskan.

“Saya minta DPRD dan Pemko harus sepakat menyelamatkan RS Pirngadi agar tetap menjadi kebanggaan masyarakat Medan. Dukungan jangan setengah hati. Mulai dari bantuan anggaran dan manajemen pelayanan patut didukung. Jika ada akar permasalahan supaya dituntaskan, ” ujar Afif Abdillah selaku Ketua Fraksi Nasdem DPRD Medan itu.

Disampaikan Afif, imej buruk yang timbul saat ini terhadap RS Pirngadi harus dipulihkan. "Infrastruktur yang rusak supaya diperbaiki. Buruknya pelayanan akibat minim sumber daya manusia perlu ditingkatkan. Kurangnya fasilitas alat kesehatan dan tenaga medis supaya ditambah. Intinya segala kekurangan harus dibenahi,” saran Afif.

Hal yang sama dikatakan Ketua Komisi II DPRD Medan Surianto. Kesan buruk yang timbul selama ini terhadap RS Pirngadi harus dihilangkan.

“Sering timbul emej buruk terhadap RS Pirngadi, orang sakit bertambah sakit jika masuk ke RS itu. Kesan itu harus kita hilangkan mulai sekarang. RS kebanggaan kita itu harus kita pulihkan kepercayaaan masyarakat. Kita dukung penambahan anggaran,” ujar Surianto.

Sementara itu Dirut RS Pirngadi Medan Suriadi Panjaitan memaparkan, pihaknya saat ini membutuhkan anggaran perbaikan eskalator, perbaikan genset, AC, perawatan gedung dan perbaikan infrastruktur lain. Selain itu, pihaknya juga yang membutuhkan penambahan alat kesehatan dan pengadaan obat.(imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini