-->
    |

Kadisdik Batubara: Kajian Pengembangan Muatan Lokal Bagian Budaya Masyarakat



INILAHMEDAN - Batubara: Dinas Pendidikan Batubara kembali melakukan kerja sama dengan Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Batubara, dalam hal ini Bupati Zahir dengan Rektor UISU Yanhar Jamaluddin.

Hal tersebut dikatakan Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus di ruang kerjanya di Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kamis (19/11/2020).

Menurut Ilyas bahwa kerja sama ini (MoA) khusus menyangkut tentang Kajian Pengembangan Muatan Lokal di Kabupaten Batubara.

"Hal ini sangat perlu, karena muatan lokal dalam kurikulum merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menanamkan dan menumbuhkan kearifan lokal dalam kehidupan. Hal ini merupakan sebentuk peluang untuk mengenalkan kearifan-kearifan lokal dalam bentuk representasi kehidupan yang lebih bermakna," papar Mahasiswa Program Doktor Managemen Pendidikan Unimed ini.

Ilyas juga menyampaikan bahwa kearifan lokal berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam. Kearifan lokal juga berfungsi untuk mengembangkan sumber daya manusia serta dapat berfungsi sebagai pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan dan juga berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan.

Kata Ilyas, kearifan lokal merupakan bagian dari budaya dalam masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari kalangan masyarakat itu sendiri.

Sementara Dekan Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara Purwanto Siwi menyampaikan MoA ini merupakan lanjutan MoU yang telah di bangun pada 12 Agustus 2020 lalu  antara Pemerintah Kabupaten Batubara dalam hal ini di tandatangani Bupati Batubara Zahir bersama dengan Rektor UISU Yanhar Jamaluddin di kampus UISU Jalan SM Raja Medan.

Menurut Purwanto, kerja sama ini bertujuan untuk melaksanakan hubungan kerja kelembangaan dan kekeluargaan antara kedua belah pihak dalam mengembangkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bidang oenelitian dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya terkait dalam bentuk kajian pengembangan muatan lokal di Kabupaten Batubara.

"Kami berharap dukungan dari semua pihak sehingga Kajian Pengembangan Muatan Lokal di Batubara ini dapat kita wujudkan dengan baik selanjutnya akan menjadi kekayaan kita bersama sekaligus sebagai bekal buat anak cucu dan keturunan kita kelak," kata Purwanto.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini