-->
    |

Kabaharkam Polri Serahkan Hadiah Pemenang Lomba KTM


INILAHMEDAN
- Bangka Belitung : Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Agus Andrianto turut berhadir pada penyerahan hadiah pemenang lomba Kampung Tegep Mandiri (KTM) di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (21/11/20). 

Kegiatan tersebut digelar bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-20 yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Sebelumnya, Kabaharkam Polri berkesempatan meninjau langsung lokasi KTM Desa Lubuk Besar di Kabupaten Bangka Tengah dan Taman Edukasi Ketahanan Pangan Terintegrasi Polsek Jebus di Kabupaten Bangka Barat.

KTM tersebut merupakan implementasi Kampung Tangguh Nusantara yang telah dicanangkan Panglima TNI dan Kapolri beberapa waktu lalu. 

Yang menginstruksikan jajaran TNI-Polri memanfaatkan lahan tidur untuk dikelola menjadi produktif guna membantu kebutuhan ekonomi masyarakat yang lesu akibat pandemi covid-19.

Para pemenang lomba berdasarkan hasil penilaian tim gabungan antara lain untuk juara umum wilayah Pulau Bangka KTM Desa Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah, juara umum wilayah Pulau Belitung KTM Desa Badau Kabupaten Belitung. 

Juara favorit bidang kesehatan KTM Desa Buyan Kelumbi Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Bara. Juara favorit bidang sosial ekonomi dan pangan KTM Desa Rias Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan. 

Juara favorit bidang keamanan KTM Desa Mentawak Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur. Juara favorit bidang informatika dan inovasi 

KTM Lingkungan Sidodasi Kelurahan Sri Menanti Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Dan sebagai juara harapan KTM Perumahan Gelase Asri Kampung Dul Pangkalpinang.

Dalam amanat Kapolri yang disampaikan Kabaharkam, mengucapkan selamat ulang tahun kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ke-20 serta ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat. 

" Aas kontribusinya dalam memelihara situasi Kamtibmas, upaya penanganan COVID-19, upaya pemulihan perekonomian nasional, dan juga menjaga ketahanan pangan nasional.

Mudah-mudahan Provinsi Bangka Belitung menjadi provinsi yang maju dan sejahtera," kata Komjen Agus Andrianto

Kapolri berharap, program Kampung Tegep Mandiri di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat membantu perekonomian dan mendukung ketahanan pangan masyarakat. 

Karena pandemi covid-19 telah nyata-nyata berdampak tidak hanya dibidang kesehatan, melainkan juga dibidang ekonomi, keagamaan, sosial dan budaya, keamanan, serta politik.

Selain itu, mengingat situasi pandemi juga menimbulkan niat dan kesempatan untuk melakukan tindak pidana, ditambah empat dari tujuh kabupaten di wilayah Bangka Belitung sedang melaksanakan Pilkada. 

Kapolri mengingatkan perlu adanya pengelolaan wilayah dengan baik. Karena jika tidak, maka akan berpotensi mengganggu situasi Kamtibmas. 

" Disinilah peran Polri yang didukung oleh TNI dan pemerintah daerah dibutuhkan, agar potensi gangguan Kamtibmas tidak berkembang menjadi gangguan nyata," ujarnya. 

Kapolri juga berterima kasih kepada seluruh unsur masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Forkompinda atas gagasannya melombakan program Kampung Tangguh Nusantara melalui kegiatan lomba Kampung Tegep Mandiri yang didukung oleh Gubernur, Forkompinda Provinsi dan Forkompinda kabupaten/kota.

" Saya sangat berharap bahwa lomba Kampung Tegep Mandiri ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Para pimpinan daerah diharapkan mempertahankan upaya-upaya yang telah dilakukan," kata Kapolri.

Diingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat melalui penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan harus terus dijaga secara ketat. (imc)


Komentar

Berita Terkini