|

Sekda Sumut Tinjau Kepulangan TKI dari Malaysia

Sekdaprov Sumut R Sabrina meninjau langsung kedatangan 150 TKI dari Malaysia di Bandar Udara Kuala Namu Internasional Kabupaten Deliserdang, Sabtu (06/06/2020).(foto: ist)


INILAHMEDAN - Deliserdang: Sebanyak 150 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Malaysia tiba di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Sabtu (06/06/2020) sore.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina meninjau langsung kedatangan TKI yang mayoritas dideportasi negara jiran tersebut. Sabrina ingin memastikan mereka mendapat fasilitas dan layanan yang layak.

TKI yang tiba di KNIA kali terdiri dari 112 laki-laki, 30 wanita, 6 balita dan 2 bayi. Para TKI ini dipastikan bebas Covid-19 karena menurut keterangan Sabrina pihak Malaysia sudah melakukan tes swab sebelum dipulangkan ke Indonesia.

"Totalnya 150 orang dan ada anak kecil, termasuk bayi berusia 7 bulan. Kita ingin pastikan mereka terlayani dengan baik di sini, walau tidak semua dari Sumut," kata Sabrina usai meninjau langsung tempat persinggahan sementara para TKI di Cadika Lubuk Pakam, Deliserdang.

Selanjutnya para TKI yang berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Sumut dan beberapa provinsi akan dijemput pemerintah daerahnya masing-masing. Selama berada di tempat persinggahan, Sabrina memastikan mereka akan mendapat pelayanan yang layak.

"Mereka ini ada yang dari Kepri, Riau, Sumbar bahkan Surabaya, tidak semua dari Sumut. Kita akan memberikan layanan yang terbaik di sini. Saya lihat ruangannya bagus dengan kapasitas 200 tempat tidur dan ber-AC, tempatnya juga bersih apalagi ini gedung baru," terang Sabrina.

Setiap TKI juga mendapat bantuan kebutuhan sehari-hari seperti handuk, baju, sabun, pakaian dalam dan masker. Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Sumut juga memberikam keperluan balita dan bayi.

"Sebagian besar mereka ini tidak membawa apa-apa dari sana. Jadi di sini kita sediakan keperluan sehari-hari mereka, termasuk keperluan bayi dan balita," jelas Sabrina.

Selama berada Cadika Lubuk Pakam, kebutuhan para TKI akan dipenuhi GTTP Covid-19 Sumut sampai pemerintah daerah masing-masing datang menjemput.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Harianto Butarbutar mengatakan Pemprov Sumut sudah menghubungi semua Pemda dan Pemprov terkait. Pemda dan Pemprov akan segera menjemput warganya masing-masing.

"Kita sudah menghubungi Pemda dan Pemprov terkait. Respons mereka sangat baik bahkan ada pemkab yang sudah menunggu warga mereka di Cadika untuk dibawa pulang ke daerahnya. Dan bagi warga yang belum dijemput kita akan layani di sini," kata Harianto.

Plt Kadiskominfo yang juga Kepala Balitbang Pemprov Sumut Irman Oemar yakin persiapan new normal Sumut tidak akan terganggu dengan kedatangan TKI ini.

"Mereka sudah di swab di Malaysia dan tidak punya masalah di sana, sehingga pihak Malaysia mau memulangkan mereka. Di sini juga kita menerapkan protokol kesehatan kepada mereka, jadi ini tidak akan mengganggu persiapan new normal," tegas Irman.

Salah satu TKI yang dipulangkan asal Aceh, Zulkarnain juga mengatakan Malaysia memastikan mereka bebas Covid-19 sebelum dipulangkan ke Indonesia.

"Kita dikumpulkan pihak keamanan Malaysia dan di tes Covid-19, yang sehat di karantina menunggu kepulangan ke Indonesia," terang Zulkarnain.(imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini