|

Mentan Optimis Humbahas Jadi Sentra Pertanian Sumut


INILAHMEDAN - Humbahas: Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo optimis Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bisa menjadi salah satu sentra pertanian di Sumut, khususnya bawang putih dan bawang merah. Lahan pertanian yang tersedia dan kondisi alamnya sangat mendukung untuk pengembangan dua komoditas tersebut.

“Humbahas harus jadi lokomotif, harus jalan, tidak boleh ada lahan tersisa, semua harus ditanami,” kata Mentan Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri panen bawang putih di Desa Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas, Sabtu (20/06/2020).

Hadir di sana Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor serta para pejabat terkait lainnya.

Di masa pandemi Covid-19, kata Mentan, pertanian adalah salah satu sektor yang tidak melemah. Hal tersebut disebabkan pangan merupakan sektor yang tidak akan pudar.

“Yang tidak lemah itu pertanian. Kalau gitu perbaiki tanamanmu di sini,” pesan Mentan kepada masyarakat yang hadir.

Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Sekdaprov Sumut R Sabrina dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor secara simbolis melakukan panen bawang putih di atas lahan panen satu hektar. Dari lahan panen tersebut dihasilkan bawang putih sekitar 14 ton (basah) dan 7 ton (kering).

Mentan dan rombongan juga menghadiri kegiatan tanam bawang merah dan jagung di areal 6 hektar di Desa Habeahan, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, serta mengunjungi lahan pembibitan kentang PT Indofood di Desa Paranginan, Humbahas.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini