-->
    |

Fraksi PAN Dukung Dibentuknya Pansus IMB

Ketua F-PAN DPRD Medan M Edwin Sugesti

INILAHMEDAN - Medan: Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) DPRD Medan mendukung dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pansus dibentuk guna menertibkan pendirian bangunan di Medan yang tidak memiliki surat izin.

"Banyak bangunan di Medan yang berdiri menyalahi peruntukkan atau tanpa IMB. Hal ini jelas berdampak pada PAD di sektor retribusi izin mendirikan bangunan," kata Ketua F-PAN DPRD Medan M Edwin Sugesti di Medan, Sabtu (20/06/2020).

Dengan dibentuknya Pansus IMB, kata Edwin, nantinya pansus akan mencari tahu duduk persoalan mengenai banyaknya pendirian bangunan di Medan tanpa memiliki IMB atau pendiriannya tidak sesuai dengan IMB yang diperoleh. Termasuk juga mengenai sistem penataan ruang kota terhadap bangunan-bangunan yang akan berdiri.

"Bukan seperti sekarang ini, banyak kebocoran PAD Pemko Medan dari sektor retribusi IMB. Sementara bangunan baru banyak berdiri. Bahkan pendiriannya terlihat semerawut dan terkesan menyalahi sistem penataan ruang kota," katanya.

Berdasarkan hasil kunjungan kerja Komisi IV DPRD Medan di lapangan, hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan dari pengaduan warga, banyak ditemukan ketidaksinkronan data tentang jumlah unit bangunan dan izin yang didapat namun belum juga ada penindakan.

"Tentu ini menjadi pertanyaan kami di Komisi IV. Apa memang ada oknum yang membekingi bangunan-bangunan tidak berizin atau menyalahi aturan," katanya.

Menurut Edwin, syarat pembentukan Pansus IMB minimal didukung dua fraksi. Namun saat ini ada 5 fraksi yang mendukung. “Kami akan melakukan rapat  lagi untuk membahas pembentukan Pansus IMB. Masing-masing fraksi di Komisi IV tentunya akan meminta masukan dari fraksi masing-masing," katanya.(imc/bsk)



Komentar

Berita Terkini