|

Kapolri: Seluruh Polres Siapkan Data Bansos Bagi Warga


INILAHMEDAN - Jakarta : Kapolri Jenderal Idham Azis menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polres untuk mendata warga yang belum terdata mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

Sebanyak 500 Polres pun diminta menyiapkan 10 ton beras dan bahan pokok lainnya untuk dibagikan kepada warga terdampak covid-19 yang belum terdata.

" Seluruh Polres menyiagakan 10 ton beras dan sembako lain untuk bisa segera disalurkan bagi masyarakat yang belum sempat mendapatkan bansos." kata Jenderal Idham seperti dilansir dari Antara pada Sabtu (25/04/20).

Dana kontinjensi dari Mabes Polri siap dikucurkan ke tiap-tiap Polres untuk membeli beras dan bahan pokok tersebut. " (Anggaran) dari Mabes Polri," sebutnya.

Sebelumnya Kapolri Idham memberi arahan melalui konferensi video kepada jajaran Kapolda se- Indonesia pada Kamis 23 April 20 lalu.

Sejumlah arahan itu yakni meminta jajaran untuk memastikan kelancaran distribusi logistik dan bantuan sosial, mengedepankan tindakaan preemtif, preventif dan humanis dalam menerapkan kebijakan PSBB.

Kemudian Polri harus melibatkan TNI dan pemangku kepentingan terkait dalam kegiatan kemasyarakatan.

Mengganti istilah siaga I dengan kesiapsiagaan, melarang penggunaan kata tembak di tempat dan menegaskan tidak ada penyiapan sniper.

" Jika (pelaku kejahatan) membahayakan keselamatan masyarakat dan anggota (Polri), maka lakukan tindakan tegas dan terukur," tutur mantan Kabareskrim Polri itu.

Selanjutnya pihaknya mengimbau untuk mematuhi Maklumat Kapolri, menunda pelaksanaan PON di Papua dan membagikan bansos kepada masyarakat yang belum terdata sebagai penerima bansos Pemerintah. (*/imc/joy)

Komentar

Berita Terkini