-->
    |

Akhyar Apresiasi Memo Pemanfaatan Sampah Plastik Jadi Ecobrick


INILAHMEDAN - Medan: Komunitas sepeda motor Max Owners (Memo) menemui Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution di Balai Kota, Kamis (27/02/2020). Kedatangan mereka untuk memberikan masukan berupa pengolaan sampah plastik sebagai ecobrick untuk pembuatan kursi, meja, dan gapura.

Di samping mengelola sampah plastik menjadi benda-benda rumah tangga, komunitas klub sepeda motor tersebut juga berencana mengelola dan mendaur ulang sampah plastik sebagai pengganti batu bata untuk dinding rumah.

Tentunya hal tersebut dapat di manfaat warga serta meminimkan pengeluaran bagi warga kurang mampu yang ingin membangun rumah. Pemanfaatan tersebut dilakukan juga dapat mengurangi sampah plastik yang menjadi persoalan Kota Medan saat ini.

Kedatangan komunitas Memo tersebut dipimpin Ketua Max Owner Club M Azwar. Ia menjelaskan bahwa klub sepeda motor yang mereka bentuk tidak hanya sekadar melakukan touring saja melainkan juga melakukan kegiatan sosial di masyarakat termasuk melakukan kegiatan pengurangan sampah plastik Dengan cara memanfaatkannya menjadi perabotan rumah tangga dan ecobrick.

Azwar bersama rekan-rekanya juga ingin terlibat dalam mempromosikan pariwisata yang ada di Kota Medan dalam setiap melakukan touring.

Menanggapi hal tersebut, Akhyar menyambut baik ide yang dilakukan Memo tersebut. Sebab, sampah plastik yang tadinya tidak berguna dapat di daur ulang dengan melakukan pemanfaatan sebagai benda yang berguna.

Menurut Akhyar, jika reuse dan reduce sudah sangat sulit, maka ecobrick merupakan solusi yang sangat tepat di zaman sekarang. Ecobrick mampu memberikan kehidupan baru bagi limbah plastik. Ecobrick adalah cara lain untuk  memanfaatkan sampah-sampah tersebut selain mengirimnya ke landfill (pembuangan akhir).(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini