-->
    |

Hari Pahlawan, Hasyim: Nasionalisme Tangkal Radikalisasi

Ketua DPRD Medan Hasyim SE

INILAHMEDAN - Medan: Ketua DPRD Medan Hasyim mengatakan semangat nasionalisme mampu menangkal radikalisme yang muncul akhir-akhir ini. Bahkan, menurut dia, banyak orang bertindak radikal disebabkan belum memahami Pancasila secara utuh.

"Pancasila itu oleh Bung Karno dijadikan sebagai waltenschaung atau falsafah atau pijakan dasar kita dalam bernegara. Tapi lebih dari itu, ia (Pancasila) menjadi perekat kemajemukan kita," kata Hasyim, Jumat (08/11/2019).

Untuk itulah, lanjut Hasyim, perlunya memahami dan memedomani Pancasila untuk menumbuhkan spirit nasionalisme dalam diri, sehingga tidak ada lagi pemikiran garis keras (radikal).
"Saya yakin, jika sekiranya pahlawan pejuang kemerdekaan itu masih ada bersama kita sekarang, tentu mereka sedih akibat sejumlah orang yang bersikap intoleran terhadap sesama anak negeri," imbuh Hasyim.

Ditambahkan dia, Bung Karno pernah berpesan bahwa perjuangannya amatlah mudah karena hanya mengusir penjajah dari Indonesia Raya. Namun, perjuangan kita sulit karena melawan saudara sendiri.

"Kehawatiran Bung Karno terbukti dengan banyaknya pemberontakan pascakemerdekaan. Bahkan sampai sekarang, masih ada saja. Terakhir yang kita harus lawan adalah radikalisme ini," ucapnya.

Maka dari itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan ini menyerukan untuk bersatu melawan radikalisme dan intoleransi. "Kita mesti kuat, mesti maju dan itu hanya bisa digapai dengan persatuan dan semangat Pancasila," ucapnya.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini