|

Kerjasama dengan Dinkes Sergai, Satgas TMMD 106 Kodim 0204/DS Sosialisasi Bahaya Rokok dan KB


INILAHMEDAN - Sipispis - Satgas TMMD ke-106 Kodim 0204/DS bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan sosialisasi bahaya rokok dan KB di Kantor Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Senin (7/10/2019). Sosialisasi merupakan salah satu bentuk perhatian TNI dan Pemkab Sergai kepada warga Desa Marjanji.
Bati Komsos Kodim 0204/DS Serma Riswandi pada kesempatan itu memaparkan tentang program TMMD ke-106 Kodim 0204/DS yang saat ini sedang berlangsung di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Salah satu tujuan program itu adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat wilayah pelosok.

Melalui program ini, ujar Serma Riswandi, Satgas melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan yang difokuskan beberapa sasaran fisik maupun non fisik. Salah satu sasaran non fisik adalah melakukan komunikasi sosial berupa penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, bela bangsa, narkoba, kesehatan, pertanian, perikanan dan lain-lain.

"Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pada sasaran non fisik. Tujuannya agar warga Desa Marjanji bisa hidup sehat tanpa rokok dan sukses melalui program perencanaan keluarga yang terencana dan baik. Ini juga merupakan bentuk kepedulian TNI melalui Satgas TMMD ke-106 Kodim 0204/DS terhadap kesehatan warga Desa Manjanji khususnya dan Sergai umumnya, sehingga akan tercipta desa yang sehat dan sukses," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sergai yang diwakili petugas Puskesmas Sipispis dr Amri dalam paparannya mengatakan, rokok mengandung berbagai bahan berbahaya bagi kesehatan seperti aseton, amonia, karsinogen, asam asetat, arsenik, benzene, karbon monoksida dan lain-lain. "Bahan-bahan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan terutama karsinogen sebagai penyebab penyakit kanker dan karbon monoksida yang dapat merusak saluran pernafasan. Selain itu bahan-bahan itu juga dapat menyebabkan penyakit kanker, serangan jantung, radang paru-paru, impotensi dan penyakit berbahaya lainnya," ujar dr Amir.

Kandungan bahan berbahaya itu juga menyebabkan penurunan fungsi daya tahan tubuh dalam melawan bibit penyakit sehingga gampang terserang infeksi. "Jadi sebelum berbagai penyakit berbahaya itu menyerang, lebih baik kita menjauhi rokok," ujar dr Amir.

Pada kesempatan itu dr. Amir juga memaparkan pentingnya keluarga membuat perencanaan jumlah anak dengan program Keluarga Berencana (KB). Program KB, ujar dr Amir, tak hanya bermanfaat bagi kesejahteraan keluarga tapi juga kesehatan.

"Beberapa manfaat KB bagi kesehatan adalah menurunkan risiko terjangkit penyakit kanker rahim dan kanker servik, menurunkan angka kematian maternal, menghindari kehamilan yang tidak diinginkan serta dapat meningkatkan kesehatan ibu hamil dan anak," ujarnya.

Atas terselenggaranya sosialisasi ini, Kades Marjanji HM Rizal Pusirba yang diwakili Plh Kades Fajar Sidik mengucapkan terima kasih kepada Satgas TMMD ke-105 Kodim 0204/DS. "Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami untuk menciptakan desa yang sehat dan sejahtera," katanya.

Hadir juga pada sosialisasi itu, dua pegawai Puskesmas Sipispis Sri Sundari dan Maipita, Kadus Herman Budi, tokoh masyarakat Lamsah, tokoh agama Napian Saragih dan diikuti sekitar 50 warga Desa Marjanji. (bsk/imc)
Komentar

Berita Terkini