|

Pangdiv Tutup Latihan Raider Kostrad


INILAHMEDAN - Banyuwangi: Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto menutup latihan Pembentukan Raider Satjar Kostrad TA 2019 di Pantai Grajakan, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (01/09/2019).

Latihan itumelengkapi kualifikasi Raider sebagai standar mutlak yang harus dimiliki setiap prajurit Kostrad di Satuan Raider, Mekanis Raider dan para Raider agar menjadi prajurit yang lebih profesional mampu menghadapi berbagai tantangan yang kian kompleks.

Latihan selama 3 bulan mulai 10 Juni hingga 01 September 2019 itu terdiri dari 3 tahapan. Yaitu tahap basis di Markas Yonif Raider 514 Kostrad, gunung hutan di gunung Ijen komplek dan tahap rawa laut di pantai Grajakan komplek.

Pangdivif menyampaikan dengan penyematan kualifikasi Raider, para prajurit Kostrad harus selalu siap untuk melaksanakan tugas-tugas dalam Operasi Khusus yang meliputi Operasi Raid Penghancuran dan pembebasan tawanan, mobil udara, lawan gerilya serta oertempuran jarak dekat di segala bentuk medan dan cuaca. 

“Prajurit Raider memiliki moto bergerak secara cepat, tepat dan senyap untuk mendekati, merebut dan menghancurkan sasaran. Tunjukkan bahwa itu bukan hanya sekadar moto saja. Buktikan melalui keberhasilan setiap pelaksanaan tugas yang dipercayakan kepada  kalian,” imbuhnya.

Ia berharap agar kualifikasi Raider yang telah disandang tersebut tidak hanya memberikan kebanggaan dan rasa percaya diri, namun juga menambah profesionalisme. Sehingga mampu dan berhasil dalam melaksanakan tugas di masa depan yang kompleks dan multidimensional. 

Penutupan latihan ditandai dengan penanggalan tanda peserta dan pemasangan baret penyematan tanda kualifikasi, penerimaan sertifikat serta pembacaan janji prajurit Raider.

Disampaikan pula ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara, pelatih, pendukung serta seluruh pihak yang berkontribusi. 

Turut hadir Kasdivif 2 Kostrad, Paban 2/Binlat Sopsad, Danpusdikif, Danrem 083/BDJ, Danrindam V/Brw, Asops Kaskostrad, Asops Kasdam V/Brw, Danseraider Pusdiklat Passus, Asren Divif 2 Kostrad. Para asisiten Kasdivif 2 Kostrad, Danbrigif 9 Kostrad, para Komandan satuan jajaran Divif 2 Kostrad serta Unsur Forkopimda Kabupaten Banyuwangi. (rel/zoy) 
Komentar

Berita Terkini