|

Tren Pohon Tumbang di Medan, Paul: Kelalaian Manusia Berdampak Bencana


INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak mendesak Pemko Medan lebih serius melakukan perawatan pohon-pohon besar di Kota Medan yang rentan tumbang sehingga mengancam keselamatan warga kota.
"Pemko harus lebih serius melakukan perawatan pohon-pohon besar yang rentan tumbang," kata Paul Mei Anton Simanjuntak di sela-sela Konferda V PDIP Sumut di Hotel Santika, Medan, Sumut, Sabtu (20/07/2019).
Peristiwa pohon tumbang di Medan memang kerap terjadi. Terakhir di Jalan Imam Bonjol persimpangan Jalan Sudirman, Jumat (19/07/2019) sore. Hujan deras disertai angin kencang menumbangkan sebuah pohon yang menimpa seorang pengguna jalan raya warga Jalan Kolonel Yos Sudarso, Lingkungan VII, Kecamatan Medan Labuhan yang hingga kini dirawat intensif di RS Elisabeth dan belum sadarkan diri.
"Kita tidak ingin warga Medan merasa khawatir saat melintas di kawasan yang banyak berdiri pohon-pohon besar yang usianya puluhan tahun mendadak tumbang," kata Paul.
Paul mengatakan sejumlah ruas jalan yang banyak tumbuh pohon-pohon besar yakni antara lain di Jalan Sudirman, Jalan Putri Hijau, Jalan Imam Bonjol, Jalan Katamso, Jalan Pulau Pinang, Jalan Balai Kota, Jalan Putri Hijau dan Jalan Raden Saleh.
"Di kawasan itu banyak usia pohon yang mencapai puluhan tahun dan rentan tumbang. Jadi ini butuh penangan serius dari Pemko Medan dalam hal ini Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan," katanya.
Paul tidak ingin Pemko Medan mencari-cari alasan bahwa peristiwa pohon yang menimpa warga Medan karena faktor alam.
“Saya pikir alasan faktor alam (bencana-red) bermula dari faktor kelalaian manusianya yang tidak peduli terhadap alam itu sendiri," katanya. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini