|

Keelokan Desa Sibandang Perkuat Destinasi Wisata Danau Toba

Desa Wisata Sibandang, Tapanuli Utara

Pesona alam Danau Toba terus menjadi perhatian dunia. Kali ini yang mencuri perhatian Kementerian Pariwisata adalah sebuah desa yang cukup menawan di kawasan Danau Toba: Desa Sibandang.

Desa Sibandang berada di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Jarak tempuh menuju desa itu sekitar 30 menit perjalanan dari Bandara Silangit. Untuk mencapai Desa Sibandang, para wisatawan harus menyeberangi Danau Toba dari Pelabuhan Muara.

Pelabuhan kecil di Muara ini cukup vital bagi warga Pulo Sibandang. Sebab pelabuhan itu satu-satunya akses keluar masuk pulau. Ada juga dermaga-dermaga kecil khusus penumpang sehingga aktivitas warga terjamin.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah berharap agar Desa Sibandang terus berbenah karena menjadi salah satu destinasi wisata dan menjadi homestay yang bisa diandalkan.

"Sebagai destinasi prioritas, Danau Toba membutuhkan banyak amenitas," kata Arief Yahya.

Sebagai destinasi prioritas, kata dia, Danau Toba harus diperkuat dengan unsur 3A. Yakni amenitas, atraksi dan aksesibilitas. "Nah, keberadaan Desa Sibandang bisa memperkuat atraksi dan amenitas di Tapanuli Utara," katanya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini