|

Digagas Unpri, Wali Kota Dukung Digelarnya ICIS


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mendukung penuh digelarnya  The Seventh International Conference On International studies (ICIS) 2018 di Gedung Rumah Sakit Royal Prima Jalan Ayahanda Medan, Jumat (07/12/2018).

Acara yang digagas Universitas Prima Indonesia (Unpri) dan Universitas Utara Malaysia (UUM) ini untuk membahas perkembangan Iptek di era revolusi industri 4.0. 

Wali Kota mengatakan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini mampu mengubah dunia. Sebab revolusi industri generasi pertama melahirkan sejarah ketika tenaga manusia dan hewan digantikan mesin.

Kata Wali Kota, revolusi generasi kedua hadir ditandai dengan kemunculan pembangkit tenaga listrik dan motor pembakaran dalam atau Combustion Chamber dilanjutkan dengan revolusi generasi ketiga yang ditandai dengan kemunculan teknologi digital dan internet.

“Revolusi industri 4.0 saat ini menemukan pola baru ketika teknologi disruptif hadir begitu cepat dan mengancam keberadaan perusahaan-perusahaan yang lebih dahulu ada,” kata Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, sejarah telah mencatat bahwa revolusi industri telah banyak menelan korban dengan matinya perusahaan-perusahaan raksasa. Ukuran besar perusahaan tidak menjadi jaminan keamanan perusahaan industri, melainkan kelincahan dan kecepatan perusahaan menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi dengan cepat.

Sebagai ilustrasi, Wali Kota mencontohkan perusahaan transportasi berbasis aplikasi online gojek yang tidak memiliki armada, namun mampu mengancam banyak pemain lama bisnis transportasi di Indonesia. Oleh sebab itu, perusahaan harus peka dan melakukan introspeksi diri sehingga mampu mendeteksi posisinya di tengah perkembangan iptek yang kian masif. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini