|

Wali Kota Apresiasi Pembinaan Pariwisata Berkelanjutan


INILAHMEDAN - Sibolangit: Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengapresiasi digelarnya kegiatan Pembinaan Pariwisata Berkelanjutan Terhadap Pengelola Destinasi Wisata yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Medan di The Hill Resort Sibolangit, Jumat (19/10/2018).

Kegiatan itu dinilai Wali Kota sebagai bentuk persiapan Pemko Medan dalam mengusung Kota Medan sebagai Kota Pariwisata kelas dunia.

Ada pun tujuan kegiatan pembinaan ini digelar untuk menyosialisasikan pengembangan pariwisata berkelanjutan melalui materi yang akan diberikan para nara sumber. Dengan demikian para pengelola destinasi wisata dan stakeholder  terstimulasi untuk memberikan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan dalam menjalankan industri pariwisatanya.

Dijelaskan Wali Kota, pengembangan pariwisata berkelanjutan berarti pengembangan pariwisata harus dijalankan tanpa merusak lingkungan, tatanan sosial dan budaya setempat serta memberikan manfaat kepada komunitas dan masyarakat lokal. Secara esensi, terang Wali Kota, pariwisata berkelanjutan memiliki sejumlah kriteria.

Selain dapat didukung secara ekologis dalam waktu lama, kata Wali Kota, pengembangan pariwisata berkelanjutan juga harus layak secara ekonomi serta adil secara etika dan sosial bagi masyarakat setempat. Di samping itu lagi pengembangannya harus didukung manajemen yang baik oleh pelaku industri pariwisata.

Wali Kota menegaskan, guna mewujudkan pengembangan pariwisata berkelanjutan semua harus bersinergi. Oleh karenanya Wali Kota berharap kepada seluruh peserta agar serius dan fokus mengikuti pembinaan yang dilakukan, termasuk pencerahan dan masukan dari para nara sumber.

Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono dalam laporannya menjelaskan, kegiatan pembinaan ini diikuti sekitar 200 peserta yang  berasal dari para pengelola destinasi wisata di Kota Medan seperti pengusaha hotel, kafe, restoran, rumah makan, karaoke, spa serta hiburan malam. Di samping itu juga dihadiri perwakilan dari stakeholder pariwisata seperti PHRI, ASITA, HPI, ASPERAPI dan APHI. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini