|

Bobby Evaluasi Pimpinan OPD Realisasi Anggaran Tak Capai Target 5 Program Prioritas

Wali Kota Medan Bobby Nasution saat memimpin Rapat Evaluasi Serapan Anggaran Pemko Medan di Balai Kota, Rabu (08/06/2022).(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Bobby Nasution akan mengevaluasi para pimpinan OPD yang realisasi anggaran belanja daerah tak mencapai target dalam menjalankan 5 program prioritas Pemko Medan.

"Di awal sudah kita sepakati realisasi target yang harus tercapai. Jika OPD yang anggarannya tidak mencapai target, maka pada P-APBD nanti anggarannya akan dikurangi. Khususnya bagi dinas yang masuk dalam lima program prioritas, jika realisasi anggarannya belum mencapai target dan tidak memungkinkan anggarannya dikurangi, maka kepala dinasnya akan dievaluasi," tegas Bobby Nasution saat memimpin Rapat Evaluasi Serapan Anggaran Pemko Medan di Balai Kota, Rabu (08/06/2022).

Bobby kembali menekankan kepada seluruh OPD di lingkungan Pemko Medan agar mengoptimalkan realisasi belanja daerah yang sudah dialokasikan. Termasuk juga kecamatan aga dapat  mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya. Terutama, menyangkut lima program prioritas yakni penanganan kesehatan, infrastruktur jalan, banjir, kebersihan dan kawasan heritage guna meningkatkan perekonomian yang kini menjadi fokus Pemko Medan.

Didampingi Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Asisten Administrasi Umum Renward Parapat dan Kepala Bappeda Benny Iskandar, Bobby menyampaikan penyerapan atau realisasi anggaran dari masing-masing OPD sangat penting agar dapat memenuhi target yang telah ditetapkan.

"Awal Triwulan I sudah disepakati bagaimana realisasi anggaran harus benar-benar diperhatikan, sehingga dilakukan penambahan waktu untuk mencapai hal tersebut. Makanya, di Triwulan II Semester I ini devaluasi kembali guna melihat apakah OPD atau kecamatan sudah mencapai target anggaran yang telah ditetapkan tersebut,” ungkapnya.

Kecamatan Diberi Tenggang Waktu

Terkait itu, bagi OPD maupun kecamatan yang belum mencapai target hingga Triwulan II Semester I ini, Bobby memberikan tenggang waktu akhir Juni ini agar dapat mencapai target yang telah sisepakati bersama.

"OPD maupun kecamatan harus dapat mengoptimalkan penggunaan anggaran hingga tiga minggu ke depan," katanya.

Bobby juga berpesan kepada seluruh camat untuk mengingatkan para lurahnya yang belum memenuhi target menggunakan dana kelurahan agar segera merealisasikannya.

“Bagi kelurahan yang tidak mencapai target, maka dana kelurahan tersebut nantinya akan diberikan kepada kelurahan yang telah melampaui target dan masih membutuhkan dana untuk melakukan pembangunan," pungkasnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini