|

USU Terima 2.463 Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN


INILAHMEDAN - Medan: Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 diumumkan secara serentak Senin (14/06/2021). Pada jalur ini Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 2.463  mahasiswa baru.

Rektor USU Muryanto Amin menyebutkan, dari 2.463 itu terdiri dari 1.327 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) kelompok saintek dan 1.136 kelompok soshum. Sedangkan untuk jumlah penerima KIP-K sebanyak 556 orang terdiri 292 dari kelompok saintek dan 264 soshum.

“Selamat kepada peserta yang lulus saya berharap agar para mahasiswa baru dapat menjalani masa perkuliahannya dengan baik meskipun di bawah pandemi Covid19 yang masih belum mereda,” kata rektor melalui Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Amalia Meutia. 

Rektor juga berharap agar para mahasiswa baru dapat beradaptasi cepat dengan sistem perkuliahan yang direncanakan akan berlangsung secara hybrid.

Menurut Rektor, pandemi tidak berarti harus menghentikan seluruh aktivitas melainkan dituntut untuk semakin kreatif dan tangguh dalam memperjuangkan cita-cita dan kehidupan masa depan yang lebih baik.

“Pandemi adalah kesempatan bagi kita semua dalam mengeksplorasi seluruh kemampuan yang dimiliki dibarengi dengan upaya meningkatkan kemampuan serta kompetensi keilmuan secara terus-menerus. Semoga apa yang kalian cita-citakan dapat segera tercapai,” katanya.

Rektor menjelaskan, untuk program studi favorit dengan peminat yang tinggi di kelompok saintek terdiri dari; Prodi Teknik Industri, Ilmu Keperawatan dan Teknik Mesin. Sementara untuk kelompok soshum yakni Prodi Ekonomi Pembangunan, Sastra Inggris dan Ilmu Kesejahteraan Sosial. 

Nilai tertinggi berdasarkan prodi diurutkan teratas diraih Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Teknik Industri, Teknologi Informasi dan Manajemen. Keketatan persaingan di kelompok saintek pada prodi Farmasi, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter. Sedangkan di kelompok soshum di prodi Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, Manajemen dan Psikologi.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, selanjutnya dapat melakukan tahapan pengisian data UKT (Uang Kuliah Tunggal) secara online melalui laman https://registrasi.usu.ac.id yang dibuka mulai 15 hingga 21 Juni 2021. Dilanjutkan dengan pembayaran UKT pada 29 hingga 5 Juli 2021. Tatacara pengisian dan pembayaran UKT ini dapat dilihat pada laman www.usu.ac.id.

Muryanto melalui Kahumas juga mengimbau kepada peserta yang tidak lulus dapat mendaftar jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD) 2021 yang pendaftaran online dibuka sejak 7 hingga 30 Juni 2021 melalui laman https://seleksi.usu.ac.id.

Untuk biaya pendaftaran jalur SMM kelompok IPA dan IPS sebesar Rp 650.00, dan kelompok IPC Rp 750.000. Sedangkan jalur SPMPD biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,- kelompok IPAdan IPS dan IPC Rp 600.000,-. Pembayaran dilakukan melalui Bank BNI. ujian tulis mandiri dan D3 ini dijadwalkan pada 4 hingga 9 Juli 2021, dengan lokasi ujian berada di lingkungan kampus USU Medan.

Hasil ujian SMM diumumkan pada 17 Juli 2021 dan SPMPD pada 22 Juli 2021 melalui laman https://seleksi.usu.ac.id dan https://usu.ac.id. Daya tampung jalur SMM sebanyak 2.696 kursi dan SPMPD 1.235 kursi

Untuk informasi selengkapnya terkait persyaratan dan pelaksanaan ujian SMM dan SPMPD dapat diakses melalui laman www.seleksi.usu.ac.id dan www.usu.ac.id, atau menghubungi helpdesk di nomor telepon 0853-6271-6693 dan 085362716994.(imc/vera)

Komentar

Berita Terkini