-->
    |

Bupati Karo Berharap Menkes Cepat Bantu Alat Test PCR di RSUD Kabanjahe


INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana berharap kepada Menteri Kesehatan RI secepatnya bantu pengadaan alat pendukung Test Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Kabanjahe untuk mempercepat hasil swab test terhadap sampel pasien reaktif hasil rapid test virus Covid-19.

"Alat PCR ini sangat kita butuhkan untuk melengkapi laboratorium pemeriksaan swab test di RSUD Kabanjahe," ujar Bupati Karo didampingi Kadinkes (Kadis Kesehatan) Irna Safrina Meliala, Direktur RSUD Kabanjahe Arjuna Wijaya saat menerima kunjungan Direktur PT Berkah Bima Insani Herianto P dan Jhon Erikson selaku Product Aplikasi di kantor bupati, Rabu (05/08/2020).

Menurut Bupati, selama ini daerah kewalahan utuk melakukan test Covid-19 karena harus menunggu lebih lama hasil pemeriksaan swab test dari laboratorium PCR RSU Medan.

"Dengan adanya alat PCR komplit di RSUD Kabanjahe, penanganan pasien positif Covid-19 sudah bisa lebih cepat," ujar Bupati.

"Kalau tidak turun alat PCR itu dari Menkes dalam satu minggu ini, kita beli saja alat itu," kata Bupati.

Dalam penanganan pandemi ini, tandas Bupati, RSUD Kabanjahe harus difasilitasi dengan alat kesehatan Covid-19 yang representatif. Apalagi katanya, penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat drastis di Kabupaten Karo.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Sabrina Meliala bersama Direktur RSUD Kabanjahe Arjuna Wijaya mengatakan pihaknya masih menunggu bantuan dari pusat untuk pengadaan alat tersebut.

"Pengadaan alat test PCR ini sudah diajukan ke Kemenkes RI di Jakarta beberapa waktu lalu," katanya.

Melihat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang terus meningkat, masyarakat meminta Pemkab Karo secepatnya mengambil langkah-langkah yang lebih riildengan menyiapkan peralatan yang lebih cepat mendeteksi warga yang positif Covid-19.(imc/is)



Komentar

Berita Terkini