|

Colorful Medan Night Carnival Pesona Ragam Budaya Kota Medan

Pawai Budaya Colorful Medan Night Carnival yang digelar Pemko Medan dalam merayakan Hari Jadi ke-424 Kota Medan cukup meriah.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Pawai Budaya Colorful Medan Night Carnival yang digelar Pemko Medan dalam merayakan Hari Jadi ke-424 Kota Medan cukup meriah.

Gemerlap cahaya lampu dari kendaraan hias dan pertunjukan kesenian multietnis memukau ribuan warga kota yang memadati sepanjang Jalan Ahmad Yani (Kesawan), Minggu (30/06/2024) malam.

Hadir pada malam itu Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Mereka juga menaiki mobil hias menuju panggung utama sebagai tanda dimulainya pawai.

Rute perjalanan pawai dimulai dari Jalan Ahmad Yani (Kesawan) menuju Lapangan Benteng Medan. Iringan pawai diawali barisan Marching Band, penampilan kostum karnaval yang menampilkan kekayaan adat budaya masyarakat Kota Medan. Barisan selanjutnya di isi dengan iring-iringan gerobak carnaval yang membawa para gadis ayu dengan mengenakan busana multietnis.

Tidak ketinggalan pula barisan komunitas kesenian reog, tarian tor-tor Sigale-gale hingga atraksi Barongsai. 

Tidak hanya sampai di situ, 21 kecamatan sekota Medan juga ambil bagian dengan mengenakan pakaian adat berbagai suku di Sumatera Utara.

Parade kebudayaan juga menampilkan masing-masing daerah d iantaranya dari Kab Labuhanbatu Utara, Kab Tapanuli Tengah, Kab Deliserdang, Kab Langkat, Kab Padang Lawas, Kota Siantar, Kab Dairi, Kab Serdang Bedagai, Kota Binjai, Kota Tebingtinggi, dan Kab Karo.

Iring-iringan pawai budaya diakhiri dengan barisan komunitas hoby.

Bobby berharap di hari jadi Kota Medan ke 434 tahun kebdepanya masyarakat Kota Medan semakin guyub dan sejahtera.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini