|

Soal Gaji Karyawan, Pj Gubernur Sumut Evaluasi Manajerial PT PSU, Termasuk Upaya Hukum

Penjabat Gubernur Sumut Hasanuddin. (foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Penjabat Gubernur Sumut Hasanuddin mengatakan dirinya tengah melakukan evaluasi atas manajerial PT Perkebunan Sumatera Utara (PSU) terkait belum dibayarnya gaji karyawan selama dua bulan lebih. Soal pembayaran gaji, Hasanuddin meminta karyawan bersabar dengan kondisi yang ada. 

"Sama, saya juga berharap mereka kan masyarakat kita semua, mana kala nanti sudah ada kita kasih semua," katanya menjawab wartawan, Senin 18 Maret 2024. 

"Dari mana gajinya, maka dari itu kita kelola semuanya, ini kan tidak semata-mata pribadi, mesti ada manajemen ada mekanismenya, nanti kita tata," sambungnya. 

Mantan Pangdam I Bukit Barisan ini mengaku telah mengevaluasi manajemen PT PSU meski baru sebatas mengganti jabatan direktur umum. 

"Kita sudah evaluasi manajemennya, sudah kita tugaskan asisten umum (Lies Handayani) untuk mengambil alih penataan manajemen. Harapannya akan kita pelajari dulu oleh Bu Lies, akan dipelajari segera untuk langkah-langkah ke depan, mohon dengan sabar untuk para pekerja untuk memberi dukungan penuh kepada Bu Lies untuk menata manajemen sehingga kita bisa berproses akan lebih baik," papar dia. 

Disinggung ihwal Tunjangan Hari Raya terhadap para karyawan PT PSU tahun ini, Hassanudin menjawab normatif. 

"Maka dari itu kita lihat dari manajemen keuangan apalagi menjelang lebaran, kita lihat situasinya untuk memberi dukungan kepada Bu Lies, penataan awal itu kita lihat apa yang kita selesaikan. Pada waktunya (harus dibayarkan)," katanya. 

Hassanudin juga mendukung upaya hukum dari aparat penegak hukum jika ada pelanggaran yang dilakukan pejabat Pemprov Sumut maupun jajaran direksi PT PSU. Salah satunya mengenai jual beli aset PT PSU di Tanjung Kasau, Batubara untuk kepentingan jalan tol Trans Sumatera. 

"Maka dari itu kita perlu mengaudit. Kalau ada (keterlibatan hukum) kenapa tidak. Sesuai dengan waktunya, semua (BUMD) akan kita evaluasi," katanya. 

Dijanjikan Hassanudin kalau Pemprov Sumut akan menelusuri secara seksama terhadap kondisi yang sebenarnya terjadi di internal PT PSU. 

"Makanya dari itu kita telusuri secara keseluruhan," pungkasnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini