|

Serba-serbi PRSU, Pemkab Nias Promosikan Objek Wisata Bahari dan Produk UMKM

Kerajinan tangan rumah adat Kabupaten Nias dari anyaman bambu dipamerkan di Paviliun Pemkab Nias di arena PRSU ke-49. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Paviliun Pemkab Nias memamerkan sejumlah objek wisata unggulan di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49. Daerah itu juga menjual produk-produk UMKM. 

"Banyak objek wisata bahari di Nias yang layak dikunjungi wisatawan. Termasuk juga produk-produk UMKM, pelaku ekonomi kreatif, sebagai faktor pendukung objek wisata," kata Kasi Pengembangan Promosi DPM-PTSP Kabupaten Nias Ineke ketika ditemui di paviliun Pemkab Nias di PRSU Jalan Gatot Subroto, Sabtu (01/07/2023).

Ineke menyebutkan, panganan khas Nias yang menjadi daya tarik wisatawan karena diolah dari bahan baku dasar asal daerah. Di antaranya Gae Siata (pisang kepok), Gamumu (Kimpul), bambu serta rotan.

Selain produk makanan serta pariwisata, Nias juga menghasilkan produk tenunan khas daerah. Seperti baju adat pengantin berornamen Nias dan selalu diikutkan setiap event di dalam maupun luar daerah. Kemudian lampu anyaman dari bahan bambu, lampu terbuat batok kelapa, Bola Nafo (tempat sirih). Kerajinan Bola Nafo selalu menghiasi acara-acara adat di Nias.

"Di event seperti PRSU inilah semua produk lokal diperkenalkan sehingga masyarakat luas mengetahuinya," ujar Ineke.

Adapun obyek-obyek pariwisata unggulan Pemkab Nias di antaranya Pantai Bozihona, Pulau Ono Limbu Kecil lokasi snorkling, Puncak Ida Nagawo, Puncak Hili Gui-gui, Air Terjun Baho Mua, Pulau Onolimbu Besar, Air Terjun Handro-handro, Air Terjun Mo'Ambolo, Air Terjun Baho Huo dan Air Terjun Baho Ladea.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini