|

Kejari Sibolga Geledah Kantor BRI Kasus Dugaan Korupsi Rp2,9 Miliar

Kejaksaan Negeri Kota Sibolga menggeledah kantor Bank BRI unit Kota Sibolga tepatnya di Jalan Sibolga Padang Sidimpuan, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (04/07/2023).(foto: riz) 


INILAHMEDAN - Sibolga: Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Sibolga menggeledah kantor Bank BRI unit Kota Sibolga tepatnya di Jalan Sibolga Padang Sidimpuan, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (04/07/2023).

Penggeledahan dipimpin Kasi Pidsus Kejaksaan Sibolga Togap Silalahi dan Kasi Intelijen M Junio Remandre beserta jaksa penyidik lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kejaksaan Negeri Sibolga melakukan penggeledahan terkait adanya dugaan tindak pidana korupsi sebesar Rp2,9 milliar program Kredit Perusahaan Pedesaan (Kupedes) Tahun 2019 - 2020.

Di lokasi, tim penyidik terlihat memeriksa sejumlah dokumen dan komputer. Pihaknya mengenakan rompi berwarna hitam liris merah bertuliskan Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi.

"Benar, ada penggeledehan di salah satu BUMN yang ada di wilayah Sibolga, dipimpin Kasi Pidsus. Pertama penggeledahan dokumen untuk memperkuat pembuktian dalam perkara korupsi," kata Plt Kepala Kejaksaan Negeri Sibolga Gunawan Wisnu Murdiyanto saat dikonfirmasi.

Wisnu menjelaskan adapun kerugian negara diperkirakan dari program Kredit Perusahaan Pedesaan (Kupedes) dari tahun 2019 - 2020 mencapai Rp2.9 miliar dengan modus operandi pengajuan kredit kemudian setelah cair dan macet pembayaran lalu ada penyimpangan dengan dokumen fiktif. 

Ditambah lagi dengan agunan yang tidak sesuai alias fiktif dan hasil di lapangan dengan salah satu usaha yang harus menjadi syarat juga fiktif. 

"Proses penyelidikan dilakukan sejak bulan Maret tahun 2023 berdasarkan laporan dari masyarakat. Yang dibawa tadi dari kantor perbankan ada sejumlah dokumen pengajuan kredit, rekening koran dan aplikasi," sebutnya sembari menambahkan penggeledahan tersebut menunjukkan pembuktian siapa nanti yang akan ditetapkan menjadi tersangka. (imc/riz)

Komentar

Berita Terkini