|

Gubernur Edy Kecolongan, Lantik Pejabat yang Sudah Meninggal 3 Tahun Lalu


Nama Edison Hutasoit yang sudah meninggal tiga tahun lalu masuk sebagai pejabat yang dilantik Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (foto: ist) 

INILAHMEDAN - Medan: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sepertinya kecolongan. Edy melantik pejabat Eselon III atas nama Edison Hutasoit ST yang ternyata sudah meninggal dunia tiga tahun lalu. Nama Edison Hutasohit merupakan satu dari 911 pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Sumut yang dilantik baru-baru ini. Nah, lho. 

Pada pelantikan itu, Edison Hutasohit menjabat sebagai Kepala Sumber Daya Air dan Cipta Karya UPTD Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tarutung pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provsu.

Sementara berdasarkan sumber, Edison meninggal dunia tiga tahun lalu saat menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Sumber Daya Air (SDA) Cipta Karya Gunung Sitoli.

"Setahu saya yang bersangkutan sudah meninggal tiga tahun lalu. Saya teman akrabnya bahkan ikut mengantarkan jenazahnya saat dimakamkan," ujar sumber yang juga salah seorang ASN di Pemprov Sumut. 

Sementara itu, Kabag Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provsu Karim yang dikonfirmasi mengatakan awalnya pihaknya mengalami kesalahan data. Namun Karim belum mengetahui tentang kebenaran informasi tersebut. "Nanti saya cek dulu," sebut Karim sebagaimana dikutip dari Pengawal.id, Kamis (23/03/2023). 

Kadis PUPR Bambang Pardede mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provsu.

"Nama yang bersangkutan sudah dicoret dari daftar nama pejabat yang dilantik," kata Bambang seperti dikutip dari Pengawal.id.

Kadis Kominfo Sumut Ilyas P Sitorus mengaku belum mendapat info terkait hal itu. "Coba konfirmasi ke orang BKD," sarannya.

Dilantiknya pejabat eselon III yang sudah meninggal menimbulkan reaksi banyak kalangan. Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Independen Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara (LIPPSU) Azhari AM Sinik, munculnya nama Edison Hutasoit yang sudah meninggal dalam daftar pejabat yang dilantik memunculkan asumsi beragam. Termasuk dugaan penyelewengan gaji Edison Hutasoit selama tiga tahun setelah meninggal dunia.

"Masuknya nama Edison Hutasoit dalam daftar pejabat yang dilantik membuktikan yang bersangkutan masih tercatat sebagai ASN di lingkungan Pemprov Sumut dan gaji serta tunjangan jabatan sebagai Kasi SDA Cipta Karya Gunung Sitoli masih terus berjalan. Kemana uangnya? Dugaan ini harus diusut," ujar Azhari, Kamis (23/02/2023).

Sebagaimana diketahui, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik 911 pejabat eselon III dan IV lingkungan Pemprov Sumut, Selasa (21/02/2023). Pelantikan ini bertujuan untuk menyelaraskan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mempercepat pencapaian visi dan misi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Pejabat yang dilantik sebanyak 329 merupakan pejabat eselon III dan 582 pejabat eselon IV. Tidak seluruhnya karena mutasi, sebagian karena ada perubahan nomenklatur. 

Posisi-posisi yang dilantik untuk eselon III terbanyak ada pada jabatan kepala bidang (125 posisi) dan kepala UPTD (119 posisi). Sedangkan untuk eselon IV jabatan yang terbanyak adalah kepala seksi (327 posisi) dan Kepala Subbagian (225 posisi).(imc/bsk)



Komentar

Berita Terkini