|

KPU Sumut Gelar Uji Publik Penataan Alokasi Kursi Pemilu 2024

Uji publik dapil Pemilu 2024 oleh KPU Sumut. (foto : dok)
INILAHMEDAN - Medan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut menggelar uji publik rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Sumut untuk Pemilu 2024 di Hotel Le Polonia Medan, Jumat (20/01/2023) .

Kegiatan dibuka Ketua KPU Provinsi Sumut Herdensi Adnin didampingi anggota Batara Manurung, Syafrial Syah Butar-butar, Ira Wartati, Benget M Silitonga, Yulasni Piliang, Sekretaris KPU Sumut Sapran Daulay, Kasubbag Teknis Agus dan Kasubbag Humas, Ririn .

KPU Provinsi Sumut  juga mengundang parpol peserta Pemilu 2024, Bawaslu Provinsi Sumut, Gubsu, Kapoldasu, Komisi A DPRD Provinsi Sumut, Ormas, KPU Kota Medan, Deliserdang, Penggiat Pemilu, media serta undangan lainnya.

Herdensi mengatakan uji publik begitu penting pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 80/PUU-XX/2022 dan berdasarkan surat KPU RI Nomor 51/2023 tertanggal 12 Januari perihal uji publik rancangan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi. 

Berdasarkan putusan MK itu KPU diberi kewenangan untuk mengatur penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi Sumut. Karena itu diperlu masukan dan saran dari berbagai pihak sebagai bahan pertimbangan dalam  menyusun rancangan dapil anggota DPRD Provinsi tersebut.

Adapun perhitungan jumlah kursi DPRD Provinsi merujuk pada UU No7/2017 didasarkan pada jumlah penduduk provinsi yang bersangkutan dan saat ini jumlah penduduk provinsi Sumut pada rancangan Pemilu 2024 yakni 15.305.250 untuk mengisi 100 kursi di DPRD provinsi. 

Herdensi berharap seluruh peserta dapat mengikuti pembahasan rancangan daerah pemilihan anggota DPRD Provinsi Sumut dengan seksama serta memberikan kontribusi berupa masukan dalam pembahasan. 

Di kesempatan sama, Komisioner KPU Provinsi Sumut Divisi Teknis Batara Manurung menambahkan pada pemilu 2024 KPU Provinsi Sumut akan merancang penambahan dapil di kabupaten Deliserdang. 

Pada rancangan 1 yaitu  Sumatera 3, Deliserdang A terdiri dari 9 kecamatan, Hamparan perak, Labuhan Deli, Percut Sei Tuan, Batang Kuis, Pantai Labu, Beringin, Lubukpakam, Pagar Merbau dan Galang dengan jumlah penduduk 1.035.538

Sedangkan Deliserdang B terdiri dari 13 kecamatan yaitu Tanjungmerawa, STM Hilir, Bangun Purba, STM Hulu, Gunung Meriah, Patumbak, Delitua, Namorambe, Sibiru-biru, Sibolangit, Pancurbatu, Kutalimbaru dan Sunggal dengan jumlah penduduk 955.570 jiwa. (imc/joy)


Komentar

Berita Terkini