|

Jalan Lintas Pantai Sorkam-Barus Rusak Parah dan Sempit Butuh Perbaikan

Ruas jalan yang kini 'kupak'kapik'. (foto : am) 
INILAHMEDAN - Tapteng : Warga Pasar Sorkam, Binasi, Barambang, Desa Sibintang dan Desa Kade Gadang, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang tinggal disepanjang Jalan Lintas Sorkam-Barus mengeluhkan kondisi jalan tersebut. 

Pasalnya, jalan lintas itu kini sudah rusak alias 'kupak-kapik' dan sempit. Akibatnya sepi dari perlintasan arus lalu lalang kenderaan seperti pada awal dibukanya jalur Sorkam-Barus tersebut beberapa tahun lalu.  

" Jalan lintas yang dibuka itu sebenarnya untuk mempersingkat waktu tempuh dari Sibolga ke Barus. Selain itu, disepanjang jalan yang dilalui itu terdapat objek wisata pantai," kata warga Pantai Binasi saat ditemui awak media, Kamis (03/11/2022).  

Kondisi ruas jalan yang berlubang dipenuhi air. (foto : am) 
Menurutnya, kerusakan jalan lintas menuju objek wisata yang menghubungkan tiga Kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Sorkam Barat, Kecamatan Sosorgadong dan Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah itu terpencar-pencar dan sudah banyak berlobang sehingga jadi tempat penampungan/genangan air seperti kubangan kerbau. 

" Sebenarnya sangat diperlukan perbaikan dan peningkatan serta pelebaran untuk jalan tersebut, namun hingga kini kami (warga setempat) belum mendapat kabar maupun adanya usulan dari pemerintah desa agar jalan segera diperbaiki," ungkapnya. 

Selain kondisi hancur dan berlobang, ruas jalan tersebut sepi dari pengendara. (foto : am) 
Terpisah, Kepala Dinas Jalan Dan Jembatan Provinsi Sumut Bambang Pardede ketika dihubungi via handphone menyebut bahwa jalan lintas Pantai Indah Binasi Sorkam-Barus sepanjang pantai itu  merupakan jalan menuju objek wisata Pantai Indah Binasi, Pulau Pane, Pantai Barambang Kade Gadang, Barus adalah jalan nasional. 

" Kelasnya itu adalah jalan nasional oleh karenanya yang bertanggung jawab Pemerintah Pusat yaitu Kementerian PUPR," sebutnya. 

Ia yang pindahan tugas dari Departemen PU ke Dinas Jalan dan Jembatan Provsu itu menyebutkan pula bahwasanya jalan lintas sepanjang pantai dari Sorkam-Barus tersebut untuk perbaikan maupun pelebarannya diambil anggaran dari Dana APBN yakni Kementerian PU. (imc/am)


Komentar

Berita Terkini