|

Kapoldasu Lepas 1 SSK Brimob Ke Papua

Kapoldasu Irjen Panca menyapa personel Brimob yang akan diberangkatkan ke Papua. (foto : dok) 
INILAHMEDAN- Medan : Sebanyak 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang berjumlah 100 personel Brimobda Sumut diberangkatkan ke Papua.  

Pengiriman pasukan bawah kendali operasi (BKO) itu oleh Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak dalam apel pasukan yang digelar di lapangan KS Tubun Mapolda pada Jumat sore (24/06/2022).

Kapolda mengatakan pengiriman pasukan Brimob tersebut usai pemerintah mengumumkan untuk pemekaran daerah baru di Papua.

Pasukan BKO Brimobda Sumut itu akan ditempatkan di Polres Jayapura. Dalam kesempatan itu, Kapolda melakukan pemeriksaan kelengkapan para personel termasuk senjata dan amunisi.

" Tugas saudara merupakan satuan kompi penanggulangan huru hara terkait kebijakan pemerintah dalam pembentukan otonomi baru di Papua. Dan saudara tergabung pada Polda Papua yang akan ditempatkan di Polres Jayapura," ucapnya. 

Dia juga menguji kemampuan para personel soal prosedur apabila kerusuhan pecah salah satunya yakni penggunaan jenis peluru dan peralatan lainnya.

Selain itu, Kapolda Irjen Panca juga menyampaikan enam arahan penting agar selalu dijalankan oleh para personel Brimob diantaranya mampu melakukan pendekatan humanis terhadap warga lokal serta tak melakukan kesalahan. 

Selanjutnya memperhatikan keselamatan, mematuhi protokol yang sudah diperintahkan pimpinan dan harus mampu mengikuti arahan yang diberikan.

Dia mengatakan 1 SSK Brimob itu akan berada di Papua selama sebulan mulai dari keberangkatan 24 Juni hingga 23 Juli 2022 mendatang. 

Walau begitu, sambungnya, ketetapan tersebut bisa berubah seiring perintah Mabes Polri karena melihat situasi nantinya. Dan diharapkan pula mampu sesegera mungkin beradaptasi.

" Semangat bertugas dan tetap semangat. Salam untuk keluarga saudara," sebutnya. 

Dibagian lain, Komandan Satuan (Dansat) Brigadir Mobil (Brimob) Polda Sumut Kombes Christiyanto, selain Brimob dari Polda Sumut juga pada hari itu dikirim Brimob Polda Riau untuk bergabung dengan pasukan sebelumnya yang sudah ada di Papua yakni pasukan Pelopor dari Mako Brimob pusat Kelapa Dua. 

Dansat Brimobdasu Kombes Christiyanto. (foto : joy)  
" Jadi ada tiga pasukan Brimob yang ditugaskan di Papua yakni dari Polda Sumut, Polda Riau dan pasukan Pelopor pusat," ucapnya usai apel keberangkatan pasukan dalam menjawab wartawan ketika ditanya apakah ada pengiriman pasukan Brimob ke Papua selain dari Polda Sumut. (imc/joy) 

Komentar

Berita Terkini