|

Satgas Covid-19 Tebingtinggi Gelar Razia Vaksin dan Prokes di Ruang Publik

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Tebingtinggi menggelar razia vaksinasi dan protokol kesehatan (Prokes) di tempat fasilitas dan sarana umum (ruang publik) yang ada di Kota Tebingtinggi.(foto: tuah) 


INILAHMEDAN - Tebingtinggi: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Tebingtinggi menggelar razia vaksinasi dan protokol kesehatan (Prokes) di tempat fasilitas dan sarana umum (ruang publik) yang ada di Kota Tebingtinggi, Senin (14/03/2022). Kegiatan ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Tim Satgas Covid-19 Kota Tebingtinggi yang terdiri dari Dinas Kominfo, TNI, Kejari, Koramil 13, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan dalam razia itu juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mengedukasi vaksinasi bagi masyarakat yang melintas di Jalan Deblod Sundoro dan pengunjung Bank BRI Cabang Jalan Sutomo.

Selain itu petugas juga memeriksa vaksinasi warga melalui KTP maupun melalui Aplikasi Pedulilindungi. Bagi warga yang belum vaksin fase I, II maupun III, dianjurkan segera vaksinasi bersama Tim Vaksinator dari Dinas Kesehatan Kota Tebingtinggi yang ikut bersama Tim Satgas.

Kepala Bidang Komunikasi Iswan Suhendi saat memimpin operasi yustisi mengatakan, pihanya rutin melakukan razia vaksin, baik secara stasioner maupun mobile. 

"Bagi warga yang mau vaksin, langsung kita vaksin. Dan sekarang ini kita mengunjungi tempat-tempat keramaian, termasuk perbankan. Kami juga memeriksa masyarakat yang belum vaksin dan dianjurkan agar segera vaksin dengan layanan vaksin di tempat," jelas Iswan.

Dari hasil pemeriksaan, kata Iswan, banyak masyarakat yang sudah divaksin. "Tadi bagi warga yang belum vaksin tidak ada penolakan, semuanya bersedia divaksin. Hal ini berkat kerja sama tim dari kejaksaan, koramil dan instansi terkait," ujarnya.

Iswan Suhendi menambahkan, pihaknya juga menyampaikan edukasi ptotokol kesehatan, terutama pemakaian masker agar mengenaksnnya dengan benar. 

Terkait update data Covid-19 Kota TTebingtinggi, Iswan Suhendi melaporkan, sampai dengan 13 Maret 2022 terdapat 4 penambahan kasus konfirmasi positif, pada 11 Maret 2022, 10 orang sembuh, 1 orang (luar wilayah) sehingga total kasus positif Covid-19 menjadi 29 orang.

"Tidak ada kelurahan masuk zona merah. 3 kelurahan berada pada zona orange, 12 kelurahan berada pada zona kuning dan 20 kelurahan lainnya zona hijau," katanya. 

Sementara, capaian vaksinasi di Kota Tebingtinggi sebesar 97,10% dari total 133.616 orang. BOR adalah persentase pemakaian tempat tidur pada empat rumah sakit yang ada di Kota Tebingtinggi sebesar 13,7% dari ketersediaan 117 bed.

"Kita berharap dapat membangun herd imunity dan keselamatan bersama, dengan dukungan pencapaian 100 persen capaian vaksinasi bagi warga Kota Tebingtinggi. Jangan beri celah penyebaran Covid-19, dengan kita vaksin maka sehat bersama. Lindungi diri, keluarga dan orang disekitar kuta, bersama pasti kita bisa," katanya. 

Wali  Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan didampingi jubir Pemkot Dedi P Siagian didampingi Jubir Satgas Covid-19 dr Henny Sri Hartati mengatakan Kota Tebingtinggi sudan masuk dalam PPKM level 1.

"Ini harus kita pertahankan. Masyarakat diimbau tidak boleh lengah dan tetap menjalankan prokes 5 M," kata Wali Kota. 

Menurut Wali Kota, pandemi belum berakhir. "Kita tidak boleh lengah karena euphoria atas keberhasilan yang dicapai dalam penekanan penyebaran Covid-19," pesannya. 

Dikatakanya keberhasilan penurunan level tersebut berkat kerja sama semua unsur seperti Pemkot, Polres/TNI dan elemen masyarakat.(imc/tuah) 


Komentar

Berita Terkini