|

Pemko Medan Patroli Pastikan Pemudik Angkutan Umum Terapkan Prokes

Pemko Medan melakukan patroli bersama di pol angkutan penumpang umum dan terminal untuk memastikan para pemudik senantiasa menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, Jumat (29/04/2022). (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Pemko Medan melakukan patroli bersama di pol angkutan penumpang umum dan terminal untuk memastikan para pemudik senantiasa menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, Jumat (29/04/2022). 

Tim Patroli Bersama ini terdiri Satpol PP, TNI-Polri, Dishub, Dinas Pariwisata, Dinas Sosial dan Dinas Kominfo serta aparatur Kecamatan Medan Amplas. Tim dipimpin Kasat Pol PP Rakhmat Harahap diwakili Kabid SDM Satpol PP James. 

Tm bergerak melakukan patroli bersama dengan mengunjungi satu persatu pool angkutan umum di sepanjang jalan SM Raja Medan. 

Bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker, dengan hangat dan humanis tim mengingatkan untuk memakainya agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19. 

"Kami hadir di sini untuk memastikan protokol kesehatan benar-benar diterapkan dengan ketat. Hal ini dilakukan agar pemudik yang melakukan perjalanan ke kampung halaman dan kembali ke Kota Medan tetap dalam keadaan sehat," Kata James.

James juga mengingatkan  para pimpinan pool angkutan umum agar benar-benar memastikan penumpang  memakai masker dan menerapkan prokes dengan ketat.

"Hanya makan minum saja masker boleh dilepas sementara. Tentunya ini untuk kebaikan dan kesehatan kita bersama," ujar James kepada salah satu pimpinan pool angkutan umum.

Dalam patroli bersama, tim menemukan salah satu armada bus yakni Bintang Utara Putra yang hendak berangkat penuh dengan penumpang yang berdiri atau tidak memiliki tempat duduk. Kondisi ini tentunya selain dapat membahayakan perjalanan, juga melanggar ketentuan aturan yang telah ditentukan dalam protokol kesehatan yakni menjaga jarak.

Kemudian tim meminta penumpang yang tidak memiliki tempat duduk turun dari bus dan menunggu  bus lainnya. Selain itu, tim juga menegur supir bus agar tidak menaikkan penumpang di luar kapasitas bus.

Selanjutnya tim bergerak menuju pool angkutan umum lainnya tepatnya PO Bus Rapi. Di sana masyarakat yang sedang menunggu keberangkatan di tempat duduk namun tidak menjaga jarak. Tim pun meminta masyarakat menjaga jarak dan tetap memakai masker agar perjalanan mudik tahun ini berjalan lancar.

Tim Patroli Bersama ini dibagi menjadi empat tim. Mereka melakukan patroli di  tiga titik seperti di sepanjang Jalan Jamin Ginting, Jalan Gatot Subroto - Jalan Ringroad Gagak Hitam - Terminal Pinang Baris dan Pelabuhan Belawan. 

Patroli gabungan ini akan digelar selama enam hari mulai 29, 30 sampai 1 Mei 2022 dan tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022.(imc/bsk) 



Komentar

Berita Terkini