|

Ulos Tenun Dairi Tampil Di Acara INACRAFT

Bupati Eddy dan isteri di INACRAFT 2022, Jakarta. (foto : nt) 

INILAHMEDAN - Jakarta : Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi tampil pada acara gelaran The 22nd Jakarta International Handicraft Fair (INACRAFT) 2022 pada Rabu (23/03/22).

Dalam gelaran itu, Dekranasda Dairi ikut mempromosikan sejumlah produk unggulan UKM Dairi salah satunya adalah tenun ulos.

Acara INACRAFT 2022 itu dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) dari 23 -27 Maret 2022. 

INACRAFT 2022 dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno serta Menteri Koperasi UKM Teten Masduki.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu merasa senang bisa hadir di iven penting itu setelah 2 tahun vakum. Kegiatan seperti itu sempat tertunda karena covid-19. 

                                                        Stand UKM Pemkab Dairi. (foto : nt)

Walau begitu, kata Bupati, Pemerintah Dairi sudah mempersiapkan diri menunggu hadirnya Inacraft itu. 

" Selama ini kita fokus dengan tenun ulos. Dan inilah waktunya Pemkab Dairi membawa pengrajin dan produknya untuk diperkenalkan secara nasional dan bahkan kepada tamu-tamu internasional. Peluang pasarnya semakin berkembang," sebutnya. 

Bupati mengatakan, pada awalnya bahan-bahan ulos untuk kebutuhan adat yaitu untuk ritual, tetapi kita lalukan diversifikasi sesuai dengan tema dunia ramah lingkungan. 

Tentunya Pemerintah Dairi memastikan, bahwa eco fashion ini ramah lingkungan. Paling tidak mulai dari bahan baku pewarna dari berbagai tumbuh-tumbuhan endemik.

Disamping itu banyak keinginan atau tema-tema yang ingin kembali ke alam jadi konsen terhadap lingkungan. 

Menurutnya, tema-tema alam baik dan cocok dengan produk-produk Dekranasda.

" Kemudian soal kualitas, juga bagus. Kalau ulos di adat desain dan benangnya kasar. Kalau eco fashion ini lebih halus dengan kualitas yang bertangga. Desainnya kita sesuaikan dengan harapan pasar lokal maupun internasional," katanya.

Selain itu, sambungnya, jenisnya pun disesuaikan dengan kebutuhan lifestyle seperti tempat laptop, ipad, baju, topi dan produk lainnya.

Tujuan adanya kegiatan itu akan menumbuhkan ekonomi, perdagangan dan UKM bertumbuh. Untuk di Dairi UMKM siap dikembangkan terus baik secara fisik maupun digital sehingga pada waktunya UMKM kita bisa mandiri naik kelas dan go global. 

" Di Dairi sudah tersedia begitu banyak produk untuk bisa dipakai secara individu baik secara kelembagaan," tukasnya. (imc/am/nt)


Komentar

Berita Terkini