|

Ketua IWO Sumut Lepas Sepeda Santai dan Giat Penanaman 1.000 Bibit Pohon Mangrove di Pantai Merdeka

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Utara Yudhistira Adinugraha melepas kegiatan sepeda santai dan penanaman 1.000 bibit pohon mangrove di Pantai Merdeka, Desa Bagan Kuala, Kabupaten Serdangbedagai, Kamis (13/01/2021).(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Sergai: Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Utara Yudhistira Adinugraha melepas kegiatan sepeda santai dan penanaman 1.000 bibit pohon mangrove di Pantai Merdeka, Desa Bagan Kuala, Kabupaten Serdangbedagai, Kamis (13/01/2021).

Kegiatan yang digagas IWO Serdangbedagai (Sergai) bekerja sama dengan Front Komunitas Indonesia Satu (FKI-1) Sergai, Persatuan Mahasiswa Indonesia Sergai, Law Office IIR dan Pemerintahan Desa Bagan Kuala, ini juga dirangkai dengan kegiatan penanaman pohon 1.000 bibit pohon mangrove di Pantai Merdeka guna mencegah abrasi pantai dan pelaksanaan vaksinasi dosis II untuk 250 orang. 

Turut dalam kegiatan itu antara lain Bupati Sergai Darma Wijaya, Wakil Bupati Sergai Adlin Umar Yusri Tambunan, Ketua TP PKK Sergai Rosmaidah Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Aini Zetara Siregar Adlin Umar Yusri Tambunan beserta OPD di lingkungan Pemkab Sergai. 

Ketua IWO Sergai yang juga ketua panitia kegiatan, Zuhari, mengatakan kegiatan sepeda santai ini melintasi empat desa yakni Desa Sentang, Desa Bogak Besar, Desa Pematang Kuala Kecamatan Teluk Mengkudu dan Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin. 

"Kegiatan ini mendapat antusias dari masyarakat desa sekaligus menyapa Bupati dan Wakil Bupati Sergai," kata Zuhari. 


Menurut Zuhari, kegiatan ini diselenggarakan dalam mrnyemarakkan HUT ke-18 Kabupaten Serdangbedagai. Sasaran utama dalam kegiatan ini, kata dia, untuk menyelamatkan Objek Wisata Pantai Merdeka dan Desa Bagan Kuala dari abrasi pantai sehingga perlu melakukan penanaman 1.000 bibit pohon mangrove di bibir pantai. 

"Kita juga ingin menggugah seluruh masyarakat agar ikut serta melestarikan kawasan pantai dan melindungi dari ancaman abrasi. Termasuk juga menggugah kesadaran masyarakat untuk melakukan percepatan vaksinasi," kata dia. 

Sementara Bupati Sergai Darma Wijaya menegaskan kegiatan ini bukan sekadar sepeda santai, namun sasaran utamanya untuk melihat langsung kondisi yang terjadi di pesisir Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala. 

"Hari ini saya langsung melihat bagaimana kondisi pesisir Pantai Merdeka yang sudah mengalami abrasi sehingga diperlukan tindakan preventif agar tidak semakin meluas. Kita juga melakukan penanaman pohon Mangrove sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kondisi abrasi. Terima kasih saya ucapkan kepada komunitas pecinta alam dan komunitas sepeda yang ikut terlibat pada kegiatan ini,” kata Bupati.

Selain penanganan abrasi pantai, kata Bupati, pelaksanaan program vaksinasi di Kabupaten Sergai sudah menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan.

“Capaian vaksinasi di Kabupaten Sergai sendiri sudah di angka 80 persen. Dengan sinergi dan kerja sama, semoga capaian ini bisa tuntas hingga 100 persen dalam waktu sesegera mungkin,” katanya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini