-->
    |

Masuk Jajaran Kampus Top Dunia, USU Peringkat Satu di Pulau Sumatera


INILAHMEDAN - Medan: Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi yang terbaik dalam jajaran kampus top dunia versi lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds  World University Rangkings (QS-WUR) untuk kampus di Pulau Sumatera.

Sebagai Informasi, hanya ada dua universitas di Pulau Sumatera yang masuk ke dalam pemeringkatan QS WUR tahun 2022, yakni USU dan Universitas Andalas (Unand).

QS WUR sendiri memakai 6 indikator penilaian dalam menentukan skor akhir tiap kampus. Di antaranya academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty/student ratio, international faculty dan international students.

Berdasarkan itu, USU berhasil meraih total skor 5,9 dengan rincian pada indikator Academic Reputation meraih skor 5, Employer Reputation 3.2, Faculty/Student Ratio 15.7, Citation per Faculty 1.3, International Faculty 1.2 dan International Student Ratio 2.3.

Sementara Unand meraih total skor 3,8 dengan rincian Academic Reputation 5.4, Employer Reputation 2.7, Citations per Faculty 1.3, Faculty Student Ratio 5.4, International Faculty 1 dan International Students 1.2.

Secara keseluruhan di Indonesia, ada 16 kampus yang masuk ke dalam pemeringkatan QS-WUR. Universitas Gadjah Mada menjadi yang terbaik di Indonesia dengan peringkat 254 dunia, disusul Universitas Indonesia di peringkat 290 dan Institut Teknologi Bandung di peringkat 303.

USU dan Unand sendiri berada di pengelompokkan peringkat 1201+ bersama dengan Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surakarta. 

Namun dari jumlah skor akhir, USU lebih unggul dari Unand yang menempatkan USU menjadi terbaik di Pulau Sumatera di tahun pertamanya dalam pemeringkatan jajaran kampus top dunia.

Rektor USU Muryanto Amin menargetkan peringkat USU di tahun depan harus mampu menembus peringkat 1000. “Tahun ini menjadi langkah awal yang positif USU menjadi world class university, tapi capaian itu harus terus dievaluasi,” ujarnya, Senin (14/06/2021).

Mury mengatakan, dalam kurun lima tahun masa kepemimpinannya, USU harus menduduki peringkat 500 kampus top dunia. “Kita harus optimis bisa melakukannya,” tegasnya.

Sebagai Informasi, capaian USU di pemeringkatan kampus top dunia bukan hanya dari QS-WUR. Di bawah kepemimpinan Rektor Dr Muryanto Amin, USU juga sebelumnya terlebih dahulu  masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021. 

Hasilnya, USU meraih peringkat ke-15 kampus terbaik di Indonesia. Sedangkan di dunia, meraih peringkat 801-1.000, dari total 1.115 perguruan tinggi dunia.(imc/vera)

Komentar

Berita Terkini