-->
    |

TMMD Ke-110 Dimulai 2-31 Maret Mendatang


INILAHMEDAN
- Labuhanbatu : Kodim 0209/LB akan melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Kabupaten Labuhanbatu Utara dimulai pada 2-31 Maret 2021 mendatang. 

Salah satu sasaran fisik terbesarnya adalah pengerjaan pembukaan dan pengerasan badan jalan sepanjang 2,700 meter. Pembukaan dan pengerasan badan jalan tersebut yang menghubungkan 2 dusun. 

Dusun Pematang Baru, Desa Pematang menuju Dusun Hutabaru,  Desa Batu Tunggal, Kecamatan NA IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). 

Selain pembukaan dan pengerasan badan jalan, sasaran fisik lainnya meliputi pembuatan box culvert 1 unit, dwiker 6 unit, tembok penahan tanah (TPT) 1 unit dan pembuatan tugu TMMD ke 110, 1 unit.

Sementara sasaran fisik lainnya yaitu perehaban Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 8 unit, 4 unit dikecamatan Aek Natas atas nama 1. Maluddin Marpaung, 2. Marni Rambe, 3. Ipen Pasaribu dan 4. Ramli Siregar.

Sedangkan 4 rumah lagi yang akan direhab berada di Kecamatan NA IX-X, atas nama 1. Ali Muddin Dalimunthe, 2. Siddik Halawa, 3. Anisyah Pasaribu dan 4. Samiran.

Disamping itu selain kegiatan fisik di TMMD ke-110 ada juga kegiatan non fisik berupa penyuluhan/sosialisasi meliputi penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, sosialisasi pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum dan kamtibmas, narkoba, keagamaan, KB kesehatan, perikanan dan peternakan. 

Selanjutnya, penyuluhan/sosialisasi lingkungan hidup dan kehutanan, kegiatan PKK, publik dan kependudukan, pencegahan, penularan virus covid-19, bahaya teroris dan paham radikalisme. 

Penyuluhan/sosialisasi pelayanan posyandu dan Polwindu, penyakit tidak menular, mitigasi bencana alam, sosialisasi pengetahuan dan pengenalan media sosial.

Terkait kegiatan TMMD ke-110 Kodim 0209/LB tersebut Dandim 0209/LB Letkol Asrul Kurniawan Harahap, Senin (25/01/21) melalui Pasiter Dim 0209/LB Kapten Sofyan Sukri, TMMD ke-110 ini mengangkat tema, 'TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri'. 

" Bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh,"  katanya. 

Disamping itu tambahnya, untuk tumbuh dan kembangnya kesamaan visi dan misi antar aparatur pemerintahan di daerah dan para tokoh masyarakat secara terpadu dan melembaga dalam memberdayakan masyarakat dan lingkungan. 

" Semakin meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat di daerah menuju masyarakat yang semakin sejahtera, mandiri serta memiliki pertahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi setiap hakekat ancaman," jelasnya. 

Juga semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang tercermin dalam pola bermasyarakat berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945. 

" Tumbuhnya semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerah, sehingga tercipta jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh, serta terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat," tukasnya. (imc/joy)


Komentar

Berita Terkini